Sandiaga Uno Bakal Buka Travel Bubble dengan Syarat Ketat

Hafid Fuad, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 18:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 320 2372450 sandiaga-uno-bakal-buka-travel-bubble-dengan-syarat-ketat-kFhwifGYdV.jpg Pariwisata Indonesia Bangkit dari Pandemi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno siap mendorong pemulihan industri pariwisata sesegera mungkin. Namun sebelumnya harus bisa dipastikan angka penularan Covid-19 dalam situasi yang terkendali.

“Saat ini PPKM mikro yang dijalankan pemerintah telah cukup sukses menekan angka penularan Covid-19 secara significan, dari 15 ribu perhari sampai diangka 5 ribu per hari. Ini menjadi suatu angin segar agar kita lebih disiplin dalam mematuhi PPKM mikro,” ujar Sandi dalam webinar yang digelar Forum Wartawan Daerah ( Forwada) di Jakarta (4/3/2021).

Baca Juga: Duet Erick Thohir-Sandiaga dan Nadiem Makarim Bangun Wisata Cagar Budaya

Sandi menyebutkan, melihat perkembangan Covid di tahun kedua ini, untuk menggenjot kunjungan pariwisata baik asing maupun domestik dibutuhkan sebuah kolaborasi kolosal. Sandi mengatakan, kolaborasi itu harus dijalin dengan berbagai instansi terkait instansi seperti Kementrian Luar Negeri, Kementrian Hukum & HAM, Satgas Covid-19, Kementrian Kesehatan, dan Kementrian Perhubungan serta juga elemen masyarakat dan dunia usaha.

Baca Juga: Erick Thohir Bangun Infrastruktur Kelautan Bali hingga Raja Ampat

"Kita akan membuka travel bubble dengan syarat ketat dalam 3M dan 3T. Kita harus melakukan pariwisata dalam new normal. Berikutnya harus berkolaborasi karena sesuatu yang rumit bila dilakukan bersama bisa menjadi solid," ujarnya.

Soal kapan industri pariwisata bisa kembali bangkit, Sandi mengaku optimistis hal itu bisa terjadi di kuartal kedua dan ketiga di tahun ini.

“Jika ditanya waktu, saya ingin lebih optimistis. Saya ingin memberi harapan, jika kita terus berdisiplin dan angka covid-19 ini bisa terus ditekan, pada kuartal kedua dan ketiga ini kita mulai meningkat. Baik dari segi event ekonomi kreatif dan pemulihan dari pariwisata dan kebangkitan ekonomi kita,” paparnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini