Pemangkasan Eselon PNS di Daerah Baru 40%, Pilkada Penyebabnya

Dita Angga R, Jurnalis · Selasa 09 Maret 2021 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 09 320 2374913 pemangkasan-eselon-pns-di-daerah-baru-40-pilkada-penyebabnya-KKvFEyeCfN.jpg PNS (Okezone)

JAKARTA - Pemerintah telah mencanangkan penyederhanaan birokrasi dengan memangkas eselonisasi dalam struktur kepegawaian sejak tahun 2019. Dimana tiga struktur jabatan yang dipangkas antara lain eselon III, IV dan V.

Di mana hingga Maret 2021, pemangkasan eselonisasi di instansi daerah masih di bawah 50%. Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo hal ini dikarenakan adanya pilkada serentak.

 Baca juga: Menteri Tjahjo ke PNS: Jangan Sampai Terjerumus KKN!

“Bagi daerah baru 40% karena ada pilkada serentak kemarin,” katanya dalam acara penyampaian apresiasi hasil evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik kementerian/lembaga, Selasa (9/3/2021).

Tjahjo menyebut bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan target hingga Juni mendatang agar pemangkasan eselonisasi di instansi daerah selesai.

 Baca juga: Cek Formasi CPNS 2021 yang Dicari

“Kami sudah diarahkan oleh bapak presiden ,untuk daerah Juni harus selesai. Dalam pengertian memangkas eselon III, IV, V,” ungkapnya.

Berbeda dengan instansid aerah, Tjahjo menyebut pemangkasan di instansi pusat sudah mencapai lebih dari 90% saat ini. Dimana ada 39.000 jabatan eselon yang berhasil dipangkasa yang kemudian dialihkan menjadi jabatan fungsional.

“Kami menyampaikan terima kasih khususnya kepada Kementerian/Lembaga yang per hari ini di tengah pandemi covid sudah mencapai 94% untuk penyederhanan birokrasi,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini