Penyaluran KPR FLPP Harus Utamakan Kualitas Rumah Subsidi

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 16:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 470 2375677 penyaluran-kpr-flpp-harus-utamakan-kualitas-rumah-subsidi-WfeNLJC3Db.jpg Penyaluran KPR FLPP. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) meminta perbankan untuk segera menyalurkan dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Mengingat, penyaluran FLPP hingga awal maret masih sangat rendah.

Direktur Utama Arief Sabaruddin mengatakan, dalam penyalurannya jangan hanya melihat kuantitas. Akan tetapi rumah yang dibeli masyarakat juga harus memiliki kualitas yang baik sehingga bisa dimanfaatkan dan dihuni dengan baik.

Baca Juga: Penyaluran FLPP Bersamaan Subsidi Uang Muka Rumah, Cek Rinciannya

Nantinya lanjut Arief, pihaknya akan menggandeng PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk memastikan tingkat kepenghunian rumah subsidi. Dengan kerjasama ini diharapkan pengawasan keterhunian rumah subsidi yang dibeli masyarakat berpenghasilan rendah bisa dilakukan lebih baik lagi.

“Jika kerja sama ini segera terwujud maka akan semakin mempermudah pengawasan keterhunian rumah subsidi bagi pemerintah,” ujarnya salam keterangannya, Rabu (10/3/2021).

Baca Juga: Ini Biang Kerok Penyaluran KPR Subsidi Tersendat

Sementara itu, penyaluran Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) pada pekan pertama Maret 2021 masih sangat rendah. Dari anggaran yang disiapkan Rp19,2 triliun di 2021 yang tersalurkan baru Rp201,098 miliar atau sebanyak 1.840 unit atau sekitar 1,17% dari terget unit pemerintah

Meskipun begitu, pihaknya sudah meminta kepada bank penyalur untuk memproses anteian calon debitur Kredit Pemilikan Rumah (KPR) FLPP untuk tahun 2021. Setelah pada awal tahun, bank pelaksana berkewajiban untuk mendahulukan calon debitur di tahun sebelumnya.

“Sebelumnya di awal tahun bank pelaksana berkewajiban untuk mendahulukan calon debitur tahun 2020 yang terdapat di Sistem Informasi KPR Bersubsidi alias SiKasep,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini