Cara Melunasi Hutang Pinjaman Online, Baca Tipsnya

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 12:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 622 2375444 cara-melunasi-hutang-pinjaman-online-baca-tipsnya-2o1guEGBJG.jpeg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA – Ada beberapa cara melunasi hutang pinjaman online. Saat ini, tren pinjaman online semakin menjamur seiring peran fintech yang juga semakin sentral di masyarakat. Sayangnya, terkadang sering ditemukan kasus orang-orang yang malah terlilit hutang pinjaman online dan tidak bisa mengatur hutang sendiri.

Supaya lebih mudah mengatur dan cepat melunasi pinjaman online, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar pembayaran lebih terencana dan mudah melunasi pinjaman online. Berikut ulasannya, dilansir dari The Balance (10/3/2021).

Baca Juga: Viral Teror Debt Collector Tagih Pinjol Ilegal, Satgas Investasi: Harus Diberantas!

1. Buat daftar semua hutang dari pinjaman online

Ada beberapa orang yang meminjam lebih dari satu pinjaman online. Untuk memudahkan gambaran rincian hutang, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat daftar atau rincian seluruh hutang, selain jumlah pinjamannya sertakan juga minimal cicilan beserta besaran bunga yang harus dibayarkan.

2. Susun hutang pinjaman berdasarkan prioritas

Setelah merinci semua pinjaman online, susunlah daftar utang tersebut berdasarkan mana yang harus lebih dulu dibayarkan. Beberapa ahli menyarankan untuk membayar pinjaman dari jumlah yang terkecil hingga terbesar.

Adapula yang menyarankan untuk mendahulukan yang bunganya kecil dulu agar lebih sedikit uang yang keluar untuk bunga. Mana yang lebih baik, hal tersebut tergantung peminjam asalkan konsisten untuk mengikuti daftar tersebut.

Baca Juga: Butuh Duit, Tren Ngutang di Pinjol Tembus Rp74 Triliun Selama 2020

3. Cari sumber pendapatan tambahan

Setelah mengetahui jumlah pinjaman online harus dibayarkan, yang harus dilakukan adalah sesuaikan dengan jumlah pendapatan yang dimiliki. Cara termudah untuk mendapatkan uang tambahan adalah dengan memotong pengeluaran di beberapa aspek sehingga ada alokasi lebih untuk membayar pinjaman. Selain itu, bisa juga dengan mencari pekerjaan tambahan, misal part-time atau freelance, atau bahkan menjual aset yang sudah tidak terpakai namun masih bernilai.

4. Fokus lunasi satu hutang pada satu waktu

Lebih baik fokus lunasi hutang pertama yang ada berdasarkan daftar yang sudah disusun. Gunakan seluruh uang tambahan untuk hutang pertama ini, sambil membayar sedikit demi sedikit semua pembayaran lainnya.

Dengan cara seperti ini, dampaknya akan lebih sedikit uang yang dikeluarkan untuk membayar bunga. Jika uang tambahan disebarkan untuk mencicil semua hutang pinjaman online, yang terjadi adalah hutang tidak akan cepat lunas karena bunga yang harus tetap dibayarkan setiap cicilan.

5. Pindah ke hutang berikutnya sesuai daftar

Setelah melunasi hutang pertama dalam daftar, lalu beralih lah ke hutang berikutnya, sambil terus membayar saldo minimum hutang yang tersisa. Terus lakukan ini sampai semua daftar hutang habis terlunasi. Mungkin terlihat butuh waktu lama untuk melunasi hutang pertama, tetapi dengan cara seperti ini, akan terasa lebih mudah dan cepat melunasi hutang pinjaman online yang awalnya menumpuk.

6. Rajin menabung dan siapkan dana darurat

Setelah semua pinjaman online terlunasi, selanjutnya yang harus dilakukan adalah fokus membangun rencana tabungan. Ini akan membantu agar tidak kembali berutang di masa depan. Dana darurat adalah salah satu alat terbaik yang dapat digunakan untuk mengendalikan keuangan dan menghindari hutang, salah satunya pinjaman online.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini