6 Cara Mengatur Keuangan saat Long Distance Marriage

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 13 Maret 2021 22:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 11 622 2376027 6-cara-mengatur-keuangan-saat-long-distance-marriage-vcNkhiroFQ.jpg Tips Mengatur Keuangan untuk Hubungan LDM. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Sebagian orang pasti ada yang menjalani LDM atau Long Distance Marriage. LDM yang dijalani oleh pasangan berbeda kota, provinsi, bahkan negara pasti menemui berbagai masalah termasuk keuangan.

Keuangan sebagai hal utama dalam berumah tangga, apalagi LDM. Perbedaan kebutuhan hidup dan faktor nilai mata uang di masing-masing tempat tinggal. Sehingga keuangan pasangan jarak jauh akan menjadi prioritas penting dalam pengelolaan.

Baca Juga: 5 Tips Atur Keuangan bagi Pengantin Baru

Seperti dikutip dari buku Cerdas Kelola Keuangan Keluarga karya Winny Lukman, QWP, Sabtu (13/3/2021) berikut tips pengaturan keuangan untuk pasangan LDM.

1. Memiliki Kesepakatan Keuangan

Sejak awal menikah, buat kesepakatan bersama pasangan. Sebab setiap pasangan memiliki tujuan yang berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Lakukan secara musyawarah dan kesampingkan dulu ego masing-masing.

Baca Juga: Cara Mudah Sisihkan Gaji untuk Menabung

2. Membuat Catatan

Ketika sudah sepakat, buat catatan pemasukan dan pengeluaran supaya jelas kemana uang yang dipergunakan. Pembuatan catatan pengeluaran akan memudahkan untuk mengecek kebutuhan pokok dan tambahan. Sehingga pengeluaran lebih tertata dan menghindarkan pembengkakan.

3. Memilih Provider Sama

Menjalani LDM pasti tetap harus menjaga komunikasi sebagai bentuk pelepas rindu. Juga untuk berdiskusi atau mengobrol tentang perkembangan anak-anak. Oleh karena itu, diperlukan penggunaan provider yang sama agar tidak terlalu memakan banyak biaya.

4. Berburu Promo

Bandingkan tiket promo kendaraan untuk mengunjungi pasangan atau berjalan-jalan bersama. Sebab hal tersebut pasti membutuhkan uang yang cukup besar. Gunakan juga promo dalam pembelanjaan sehari-hari, misalnya untuk beli bahan makanan dan peralatan mandi.

5. Mencari Income Tambahan

Menambah pemasukan dapat digunakan saat terjadi keperluan mendadak dan ada pengeluaran tidak terduga. Dengan mencari pekerjaan sampingan atau membangun usaha.

6. Me-riview Keuangan

Ini menjadi pelajaran penting bagi setiap pasangan dalam pengelolaan keuangan. Setelah mengetahui kondisi keuangan, buat upaya perbaikan supaya ada uang yang bisa disisihkan dan ditabung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini