5 Cara Hemat Belanja Sehari-hari, Incar Promo hingga Cashback

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Minggu 14 Maret 2021 22:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 11 622 2376089 5-cara-hemat-belanja-sehari-hari-incar-promo-hingga-cashback-BQE7dUPy4z.jpg Personal Finance (Shutterstock)

JAKARTA – Banyak orang menganggap menghemat uang merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Padahal menghemat uang dapat menjaga keamanan finansial di masa depan. Ini juga sering diperlukan bagi mereka yang berusaha untuk hidup lebih efisien dan berupaya mengurangi pengeluaran.

Dengan tetap fokus untuk menabung pada setiap pembelian yang dilakukan, dapat melatih diri untuk secara bertahap memotong pengeluaran dan menjadi lebih sadar akan anggaran tersebut.

 Baca juga: 5 Tips Atur Keuangan bagi Pengantin Baru

Berikut lima cara yang dapat menghemat uang saat melakukan pembelian sehari-hari, seperti dilansir dari The Balance, Minggu (14/3/2021).

1. Beli Model Bekas, Diperbarui, atau Lebih Lama

Membeli barang bekas akan selalu memberikan diskon besar. Selain itu, bisa juga dengan menemukan barang rekondisi atau refurbished yang tentunya akan dijual dengan harga jauh lebih murah dari barang baru.

 Baca juga: Cara Mudah Sisihkan Gaji untuk Menabung

Jika ingin membeli sesuatu barang, pertimbangkan bahwa model tahun lalu mungkin lebih murah. Membeli sesuatu yang lebih lama (baik bekas atau musim lalu) akan selalu membantu anggaran.

2. Periksa Promosi dan Kupon

 

Solusi paling umum untuk menghemat uang dalam pembelian yang tidak dapat dihindari adalah dengan menggunakan kupon. Mengumpulkan kupon bisa menjadi komitmen yang memakan waktu, tetapi kontribusi kecil ini dapat sangat membantu anggaran.

Promosi dan kupon biasanya akan dikirimkan melalui email, maka pastikan untuk selalu memeriksanya sebelum pergi berbelanja. Lakukan juga pencarian kode kupon di Google atau gunakan aplikasi kupon yang sudah banyak tersedia di smartphone.

3. Bandingkan Harga dan Gunakan Pencocokan Harga

Sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu, bandingkan harga yang tersedia terlebih dahulu. Beberapa toko memiliki aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek harga barang sebelum dibeli. Maka manfaatkanlah aplikasi tersebut untuk mencocokkan harga.

4. Beli Voucer

Kartu hadiah diskon atau voucer juga dapat membantu menghemat uang. Ada beberapa situs yang menjual voucer yang tidak terpakai. Jika cukup cerdas dalam membeli voucer untuk toko tempat biasanya berbelanja, bisa menjadi cara yang bagus untuk memangkas anggaran.

5. Manfaatkan Peluang Uang Kembali (Cashback)

Pada beberapa toko atau sistem pembayaran tertentu seperti menggunakan kartu kredit, terkadang menawarkan pengembalian uang atau cashback. Ini tentu bisa sangat menghemat pengeluaran. Sehingga tidak ada salahnya untuk menggunakan kesempatan ini untuk menghemat lebih banyak uang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini