Share

Transfer Muatan, Jadi Efek Jera Truk Obesitas

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 12 Maret 2021 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 320 2376621 transfer-muatan-jadi-efek-jera-truk-obesitas-60aZaZjCjc.jpg Tindak Truk Kelebihan Muatan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA -Kementerian Perhubungan meninjau Jembatan Timbang Tanjung yang berada di Brebes. Keberadaan jembatan timbang diharapkan dapat menyelesaikan masalah truk yang over dimensi dan over load (ODOL), yang berpotensi membahayakan keselamatan dan merusak jalan.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya telah melakukan langkah-langakah untuk mengoptimalkan fungsi jembatan timbang dalam melakukan pengawasan terhadap truk ODOL. Salah satunya yaitu mengenakan kewajiban transfer muatan terhadap truk ODOL.

Baca Juga: APBN Terbatas, Menhub Buka Pintu Swasta Garap Proyek Terminal

“Sekarang kita lakukan perubahan skema, kalau tadinya kita tilang, sekarang dilakukan dengan dengan transfer muatan. Kalau tilang dendanya hanya Rp150.000 sampai Rp200.000, itu murah sekali dan kurang bisa memberikan efek jera dan tidak sebanding dengan kerugian yang disebabkan kendaraan ODOL seperti, terjadinya kecelakaan dan kerusakan jalan," kata Dirjen Budi, Jumat (12/3/2021).

Baca Juga: Pekan Depan, Giliran Sopir Bus hingga Ojol Divaksin

Dia menjelaskan, penerapan skema transfer muatan telah mendapat dukungan dari para kepala daerah. Di mana sudah banyak kepala daerah yang mendukung, mulai Gubernur, Bupati dan Walikota.

"Kami masih menoleransi hingga tahun 2023, kendaraan logistik yang muatannya melebihi hingga 50% akan kita transfer muatannya ke kendaraan lain," tandas dia.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini