Bebas Utang Jadi Prioritas bagi Milenial

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 22:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 622 2378167 bebas-utang-jadi-prioritas-bagi-milenial-VnPmg6j9zp.jpg Personal finance (Shutterstock)

JAKARTA - Survei dari The Balance's Affluent Millennial Money Study menunjukan 86% generasi milenial menganggap bebas utang adalah sebuah kesuksesan. Survei tersebut di tengah kabar anak muda yang gemar gunakan kartu kredit.

Study Balance meminta 1.405 responden yang terdiri dari Gen Z, Milenial dan Gen X untuk berbagi bagaimana mereka memandang kredit dan utang. Serta, siapa yang mengajari mereka tentang uang dan bagaimana pendidikan setempat memengaruhi mereka berbelanja, menabung dan berinvestasi.

 Baca juga: 5 Cara Hemat Belanja Sehari-hari, Incar Promo hingga Cashback

Dilansir dari thebalance.com, Senin (15/3/2021), milenial merupakan generasi makmur sebagai orang yang mengerti tentang keuangan di antara orang berusia 25-38 tahun. Berikut 6 prioritas keuangan para milenial:

1. Membayar tagihan (88%)

2. Merasa aman secara finansial (87%)

3. Bertanggung jawab atas uang yang dimiliki (85%)

4. Hidup nyaman (81%)

5. Menabung untuk masa pensiun (79%)

6. Melunasi utang (77%)

 Baca juga: 6 Cara Mengatur Keuangan saat Long Distance Marriage

Namun, menurut survei, responden yang percaya diri secara finansial cenderung membawa utang seperti hipotek. Sedangkan, mereka yang cemas lebih cenderung membawa kartu kredit, utang medis dan pinjaman pelajar.

Survei ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menjadi motivasi terutama keputusan menabung, berbelanja dan berinvestasi bagi milenial. Sebagian responden yang memiliki pendapatan lebih digunakan untuk berinvestasi.

Di antara mereka yang mengaku cemas secara finansial, hanya 25% yang merasa berpengetahuan tentang mengelola utang. Kaum milenial yang percaya diri secara finansial juga lebih mungkin bebas dari hutang.

Ini menunjukkan hubungan kuat antara pola pikir, literasi keuangan dan kemampuan membuat keputusan yang tepat dengan uang, jika kita lebih percaya diri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini