Susi Pudjiastuti: Pak Presiden yang Terhormat, Mohon Stop Impor Beras! Panen Berlimpah

Bima Setiyadi, Jurnalis · Selasa 16 Maret 2021 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 16 320 2378798 susi-pudjiastuti-pak-presiden-yang-terhormat-mohon-stop-impor-beras-panen-berlimpah-vFYeYgma6z.jpg Susi Pudjiastuti (Foto: Instagram)

JAKARTA - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti meminta kepada Presiden Jokowi agar impor beras 1 juta ton dihentikan.

Bahkan, Susi mengetag Twitter Presiden Jokowi @jokowi agar impor beras 1 juta ton dihentikan. Jokowi diminta untuk memberi dukungan kepada petani dan Badan Urusan Logistik (Bulog).

Baca Juga: Siapa yang Instruksikan Bulog Impor Beras 1 Juta Ton? 

Susi mengatakan, hingga saat ini masyarakat masih ada yang panen dan panennya pun berlimpah. Untuk itu, dia memohon agar Presiden menghentikan impor beras.

"Pak Presiden yth. Mohon stop impor beras, masyarakat masih ada yg panen, panen juga berlimpah. Mohon berikan dukungan kpd Pak Kabulog untk tidak melakukan impor. Juga melarang yg lain. ⁦@jokowi⁩ ⁦@KemenBUMN ⁦@kementan⁩ ⁦@Kemendag," kata Susi melalui akun Twitternya @susipudjiastuti yang dikutip Senin (16/3/2021).

Tulisan Susi itu mengomentari pemberitaan tentang ratusan juta ton beras impor yang tidak terpakai. Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso atau yang akrab disapa Buas dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi IV DPR RI, Senin (15/3/2021) menuturkan bahwa pihaknya sudah melapor ke Presiden perihal masih adanya kesediaan beras impor.

Perum Bulog saat ini masih memiliki stok beras impor dari pengadaan tahun 2018 lalu. Adapun dari total pengadaan sebanyak 1.785.450 ton beras, masih tersisa 275.811 ton beras belum tersalurkan. Dari jumlah tersebut, 106.642 ton di antaranya merupakan beras turun mutu.

Beragam komentar pro dan kontra menyambut pendapat Susi tentang impor beras. Mulai dari tidak masalah karena harga sedang murah hingga ingin datang ke istana mengakui Presiden dan berbisik bahwa petani Indonesia cukup memenuhi kebutuhan seluruh rakyat Indonesia.

Akun @suciharto mengatakan, tidak masalah import beras asal impor disimpan secara baik sebagai cadangan..

"Sebanarnya tidak apa2 import beras disaat semua panen raya Karena harga sedang murah. Asal import tersebut disimpan sh baik sebagai cadangan dan importirnya harus pemerintah sendiri. Nanti saat paceklik, harga Mahal dan tidak ada panen, baru beras tersebut dikeluarkan," ungkapnya.

Sementara akun @binmualif ingin datang ke Istana menemui Presiden Jokowi dan membisiki untuk menggantikan impor beras.

"Jadi pengen ke istana kepresidenan terus bisikin,, ke telinga om jo. "Om jo, tolong jangan impor beras dulu. Petani Indonesia bisa ko insyaallah mencukupi kebutuhan seluruh rakyat Indonesia," ujarnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini