5 Kesalahan Keuangan yang Harus Dihindari

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 05:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 17 622 2379134 5-kesalahan-keuangan-yang-harus-dihindari-7EragrmB5J.jpg Tips Mengatur Keuangan Selama Pandemi. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Setiap orang pasti pernah bermasalah mengatur keuangan. Masalah yang dihadapi soal utang piutang dan kartu kredit.

Bila diruntut maka permasalahan keuangan ada akibat dari penghasilan pas-pasan namun belanja berlebihan.

Hal ini yang menyebabkan mengapa persoalan keuangan menjadi masalah yang sering kali sulit diatasi oleh sebagian besar orang. Sebab permasalahan yang sering dihadapi adalah cerminan dari gaya hidup.

Baca Juga: HUT Okezone ke-14, Ngobrol Seru soal Milenial Cerdas Keuangan bersama Mike Rini

Mengutip dari buku Salah Kaprah Pengelolaan Keuangan dan Investasi karya Novie Iman, Kamis (18/2/2021) berikut beberapa kesalahan yang lumrah dilakukan dalam pengeluaran.

1. Salah Membuat Prioritas

Hal ini sering terjadi dan terus berulang-ulang. Merasa bahwa setelah membeli gadget atau kendaraan terbaru akan merasa bahagia dan membuat nyaman. Padahal kenyataannya tidak demikian.

2. Melihat Kartu Kredit Sebagai Uang

Tak sedikit yang menganggap bahwa kartu kredit sama dengan uang. Bisa digunakan kapan dan dimana saja untuk membeli sesuatu. Namun cara kerja kartu kredit tidak seperti itu.

Baca Juga: Bebas Utang Jadi Prioritas bagi Milenial

3. Pengeluaran Impulsif

Ketika membeli sesuatu hanya menuruti ego. Tidak ada pertimbangan dan pemikiran secara rasional. Padahal tidak ada guna dan kebermanfaatan dari suatu barang yang dibeli.

4. Mencari Kenikmatan Sesaat

Misalnya pada saat ada diskon, atau saat berada di luar negeri. Hal ini dijadikan aji mumpung untuk berbelanja dan memborong barang yang nyatanya tidak diperlukan.

5. Tidak Memiliki Rencana

Barangkali hal ini paling parah dan sering dilakukan. Tidak pernah merencanakan penghasilan dan pengeluaran. Sebab tidak memiliki anggaran dan strategi untuk meningkatkan penghasilan dan belum menyusun rencana investasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini