Mendag: Impor Beras Tanggung Jawab Saya!

Ferdi Rantung, Jurnalis · Jum'at 19 Maret 2021 15:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 320 2380669 mendag-impor-beras-tanggung-jawab-saya-gedZ6vYqRp.jpg Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi (Foto: Dokumentasi Kemendag)

JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi angkat bicara soal impor beras. Lutfi mengaku dirinya yang ingin melakukan impor beras. Menurutnya, stok beras di dalam negeri saat ini sedang menipis.

“Yang tanggung jawab saya. Saya yang minta Rakortas kepada Menko Perekon

Baca Juga: Mendag: Impor Beras Tak Perlu

Dia mengatakan bahwa, stok beras yang ada saat ini meresahkan dirinya. Stok Bulog yang ada kurang dari 1 Juta Ton. Menurut Bulog, masih ada beras impor tahun 2018 yang sudah turun mutu.

“Hitung-hitungan saya stok Bulog itu tidak mencapai 500 ribu. Ini merupakan stok paling rendah dalam sejarah Bulog,” ujarnya

Dia juga mengungkapkan bahwa sampai pertengahan bulan Maret 2021 ini Bulog hanya bisa menyerap beras sebesar 85 ribu gabah petani.

Baca Juga: Masih Rencana Impor Beras 1 Juta Ton, Petani Sudah Menjerit

“Ini yang membuat hati saya ngilu kalau pengadaan beras berjalan dengan baik saya tidak ada masalah kita tidak Impor. Selama Bulog punya stok selama 1 juta ton” ungkapnya

Rendahnya penyerapan saat ini, Kata Lutfi bukan salah Bulog melainkan karena basahnya gabah dari petani yang disebabkan oleh curah hujan yang tinggi. Ia menuturkan bahwa Bulog mempunyai syarat tertentu dalam menerima gabah dari petani.

“Ada syarat dari Bulog, gabah harus Kekeringannya sekian persen baru dihargai sebesar Rp42.000,” terangnya

Menurutnya, saat ini seharusnya Bulog sudah menyerap kurang lebih 400 ribu ton. Meski begitu, Lutfi memastikan bahwa tidak ada Impor saat panel raya.

“Saya pastikan tidak ada Impor saat panen raya. Dan tidak juga Impor menghancurkan harga petani. Karena memang belum Impor” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini