Soal Impor Beras, Susi Pudjiastuti: Ayo Pak Mentan Jangan Mengalah

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 22 Maret 2021 11:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 22 320 2381857 soal-impor-beras-susi-pudjiastuti-ayo-pak-mentan-jangan-mengalah-kZwXTBqzb4.jpg Susi Pudjiastuti. (Foto: Antara)

JAKARTA - Pemerintah memutuskan untuk melakukan impor beras pada akhir Maret mendatang. Hal itu demi memenuhi kebutuhan di dalam negeri yang saat ini kebutuhannya sedang menipis.

Menanggapi hal itu, Mantan Menteri Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berharap kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk terus bertarung demi memperjuangkan para petani. Dia menilai dengan dibukanya keran impor tersebut menandakan pemerintah tak berpihak kepada petani lokal.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Minta Tolong ke Megawati: Please Stop Impor Garam dan Beras

"Ayo Pak Mentan, jangan mengalah.. ayo bersama petani Pak Yasin. Jangan hancurkan produksi mereka (petani)," kata Susi dalam akun Twitter pribadi yang dikutip Okezone, Senin (22/3/2021).

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi angkat bicara soal impor beras. Lutfi mengaku dirinya yang ingin melakukan impor beras. Menurutnya, stok beras di dalam negeri saat ini sedang menipis.

Baca Juga: Dear Pak Mendag, Jangan Impor Beras saat Panen Raya

“Yang tanggung jawab saya. Saya yang minta Rakortas kepada Menko Perekon."

Dia mengatakan bahwa, stok beras yang ada saat ini meresahkan dirinya. Stok Bulog yang ada kurang dari 1 Juta Ton. Menurut Bulog, masih ada beras impor tahun 2018 yang sudah turun mutu.

“Hitung-hitungan saya stok Bulog itu tidak mencapai 500 ribu. Ini merupakan stok paling rendah dalam sejarah Bulog,” ujarnya

Dia juga mengungkapkan bahwa sampai pertengahan bulan Maret 2021 ini Bulog hanya bisa menyerap beras sebesar 85 ribu gabah petani.

“Ini yang membuat hati saya ngilu kalau pengadaan beras berjalan dengan baik saya tidak ada masalah kita tidak Impor. Selama Bulog punya stok selama 1 juta ton” ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini