Lombok Bakal Disulap Jadi Pusat Budidaya Lobster Kelas Dunia

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 24 Maret 2021 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 24 320 2383203 lombok-bakal-disulap-jadi-pusat-budidaya-lobster-kelas-dunia-03MkeFHqDq.jpg Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyebut pihaknya komitmen dalam mendukung budidaya lobster dalam negeri. Bahkan dia sudah menargetkan Lombok menjadi pusat budidaya lobster yang nantinya menjadi rujukan negara lain.

Baca Juga: Menilik Budidaya Lobster dari Tahun ke Tahun sejak 1990

"Saya ingin jadikan Lombok pusat budidaya lobster. Bahkan sampai kelas dunia. Semangatnya harus begitu," ujar Trenggono di Teluk Awang Lombok Tengah, Rabu (24/3/2021).

Di Teluk Awang, Menteri Trenggono berdialog dengan penangkap benur dan pembudidaya lobster. Bahkan dia meninjau langsung keramba jaring apung milik masyarakat yang ada di sekitar pelabuhan perikanan, menggunakan kapal nelayan.

Baca Juga: Terungkap! Polemik Ekspor Benih Lobster Ternyata sejak 1990

Dia juga menjelaskan untuk mendukung produktivitas budidaya lobster dalam negeri, proses birokrasi perizinan budidaya akan dipermudah.

"Kami (KKP) juga akan memberi bantuan sarana dan prasana, pendampingan bagi para pembudidaya, hingga menyiapkan pasar," ungkap dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Lombok Tengah Nursiah sepakat dengan keputusan Menteri Trenggono mengembangkan budidaya lobster dalam negeri.

Kemudian, kata dia potensi alam dan sumber daya manusia yang ada di Lombok sudah membuktikan bahwa budidaya bisa dilakukan.

"Kita hanya tinggal butuh penguatan infrastruktur," tandas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini