Bom Bunuh Diri dan Kebakaran Kilang, Bagaimana Nasib IHSG?

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 10:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 278 2385775 bom-bunuh-diri-dan-kebakaran-kilang-bagaimana-nasib-ihsg-EsItvbzRLR.jpg IHSG Menguat (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di zona hijau pada pembukaan perdagangan hari ini. IHSG menguat 0,32% berada di level 6.215.

Head of Equity Trading MNC Sekuritas Medan Frankie W Prasetio mengatakan, sentimen bom bunuh diri yang terjadi di Makassar diperkirakan tidak terlalu menekan pergerakan IHSG.

Baca Juga: 'Pengantin' Bom Bunuh Diri Gereja Katedral Makassar Berjumlah Dua Orang

“Mungkin kita bisa berkaca pada kejadian 10 tahun lalu. Dulu pernah kejadian bom dan sempat terjadi penurunan tapi besoknya sudah langsung rebound. Kalau kita lihat pasca-ledakan bom di WTC di 2001, itu hanya butuh sekitar dua minggu untuk rebound kembali. Jadi, sentimen-sentimen seperti ini sudah pernah dilalui dan biasanya sentimen yang sudah pernah dilalui itu impact-nya akan lebih kecil dibandingkan yang baru pertama kali,” katanya dalam acara Market Opening IDX Channel, Senin (29/3/2021).

Di sisi lain, menurut dia, sentimen kebakaran kilang minyak milik Pertamina di Balongan juga seharusnya tidak terlalu menekan pergerakan IHSG pada hari ini.

Baca Juga: Misteri Perempuan Terekam CCTV Beri Kode saat Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral

“Kalau kejadian yang di global mungkin akan lebih mempengaruhi. Tetapi saya kira selama pasokan supply itu masih ada, masih terkendali, seharusnya impact-nya juga lebih minimal. Jadi, tidak akan terlalu menekan,” ujar Frankie.

Sementara itu, Frankie menjelaskan, para investor harus tetap berhati-hati untuk menyikapi perdagangan pada pagi hari ini. Menurutnya, para investor harus bersikap consistly optimistic.

“Jadi karena banyak valuasi perusahaan kita yang semakin murah, tetapi memang berbagai sentimen global itu sangat tidak menentu. Jadi adakalanya kemarin itu pada turun, misalnya kemarin ada Suez kanal yang kena block. Dan pagi ini baru mulai ada gerak dikit. Memang pada Suez kanal itu 12% dari kargo dunia melewati kanal tersebut,” jelas dia. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini