10 Fakta Kebakaran dan Ledakan Kilang Minyak Balongan, Ahok Turun Tangan

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 31 Maret 2021 08:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 320 2386919 10-fakta-kebakaran-dan-ledakan-kilang-minyak-balongan-ahok-turun-tangan-eqYsz2uPKY.jpg Kebakaran Kilang Minyak Balongan (Foto: Fathnur/Okezone)

JAKARTA Kilang minyak Balongan kebakaran pada 29 Maret 2021 sekitar pukul 00.45 WIB. Kebakaran dan meledaknya kilang tersebut diduga akibat tersambar petir.

Api yang membakar kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terlihat dari jarak sejauh lima kilometer.

Ada sejumlah fakta menarik dari terbakarnya kilang Balongan milik Pertamina. Berikut Okezone merangkumnya pada Selasa (30/3/2021).

Baca Juga: Pertamina: 2 Titik Api Tanki Kilang Balongan Sudah Dipadamkan

1. Pertamina Investigasi Penyebab Kebakaran

Pertamina tengah menyelidiki penyebab kebakaran kilang minyak Balongan. Insiden di Kilang Pertamina Balongan yang menyebabkan terjadinya kebakaran pada tangki T-301G terjadi pada 29 Maret 2021 mulai sekitar pukul 00.45 dini hari.

2. Pasokan BBM Tak Terganggu

Pertamina memastikan pasokan BBM tak terganggu. “Pasokan BBM tidak terganggu dan saat ini masih berjalan normal," kata Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya.

 

3. Sejarah Kilang Balongan

Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) VI Balongan merupakan kilang keenam dari tujuh kilang Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero) dengan kegiatan bisnis utamanya adalah mengolah minyak mentah (Crude Oil) menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), Non BBM dan Petrokimia.

RU VI Balongan mulai beroperasi sejak tahun 1994. Kilang ini berlokasi di Indramayu (Jawa Barat) sekitar ±200 km arah timur Jakarta, dengan wilayah operasi di Balongan, Mundu dan Salam Darma. Bahan baku yang diolah di Kilang RU VI Balongan adalah minyak mentah Duri dan Minas yang berasal dari Propinsi Riau.

Keberadaan RU VI Balongan sangat strategis bagi bisnis Pertamina maupun bagi kepentingan nasional. Sebagai Kilang yang relatif baru dan telah menerapkan teknologi terkini, Pertamina RU VI mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.

4. Apa Kata Wamen BUMN?

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pahala Mansury mengatakan, investigasi akan dilakukan bersama dengan pihak kepolisian. Langkah investigasi ini bertujuan untuk mencari tahu penyebab terjadinya kebakaran.

Selain itu, pengamanan juga akan dilakukan oleh Pertamina dan beberapa stekholder terkait. Khususnya pada fasilitas-fasilitas kilang lainya agar tak terkena dampak dari ledakan.

Pahala memastikan bahwa produksi dan persediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) cukup. Sehingga kebutuhan masyarakat terhadap BBM bisa terpenuhi.

“Kami sedang memastikan bahwa produksi dan persediaan yang ada cukup untuk memastikan konsumsi BBM. Serta memastikan pengamanan juga di fasilitas-fasilitas kilang serta fasilitas lainnya,” ucapnya.

5. Komentar Bos Pertamina

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyampaikan rasa prihatin yang mendalam atas insiden ini dan juga permohonan maaf kepada masyarakat.

Nicke melanjutkan, untuk mengantisipasi agar tidak menjalar ke area lain maka Pertamina langsung melakukan normal shutdown kepada kilang ini sehingga dipastikan ada pengendalian arus minyak dan mencegah terjadinya perluasan area kebakaran.

"Untuk penyebab kebakaran tersebut belum kita ketahui dengan pasti. Jadi sampai saat ini kami masih melakukan investigasi dibantu pihak-pihak wewenang sehingga fokus kami saat ini untuk menyelesaikan kondisi darurat di lapangan," tuturnya.

6. Ada 1.078 Pelanggan Alami Pemadaman Listrik

Efek kebakaran kilang Balongan, PLN terpaksa harus melakukan pemadaman. Ada sekitar 1.078 pelanggan yang mengalami pemadaman.

7. Kilang Balongan Pasok Avtur ke 3 Bandara

Ada tiga bandara yang selama ini disuplai avtur dari kilang Balongan, yaitu Bandara Husein Sastranegara Bandung, Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, dan Bandara Ahmad Yani Semarang.

8. Pemadaman Hanya Lima Hari

PT Pertamina (Persero) memastikan pemadaman kebakaran tangki T-301G di kilang Pertamina Balongan akan berlangsung selama lima hari.

9. ESDM Turunkan Tim untuk Investigasi Kilang Balongan

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan segera melakukan investigasi penyebab kebakaran di tangki T-301G arena kilang minyak Balongan, Indramayu, Jawa Barat, yang terjadi pada Senin (29/3/2021), pukul 00.45 WIB. Inspektur Migas saat ini telah berada di lokasi kejadian, dipimpin Direktur Teknik dan Lingkungan Migas selaku Kepala Inspeksi Migas Wakhid Hasyim.

10. Komentar Ahok

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok turun tangan mengatasi kebakaran dan ledakan yang terjadi di kilang Balongan.

Ahok menyampaikan apresiasi penanganan yang dilakukan tim Pertamina, baik dalam upaya pemadaman api maupun penanganan warga terdampak.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini