Ekspor RI Mulai Unjuk Gigi, Ini Buktinya

Aditya Pratama, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 320 2390802 ekspor-ri-mulai-unjuk-gigi-ini-buktinya-BoqR9gWmSo.jpeg Ekspor-Impor Perdagangan di Pelabuhan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Ekspor Indonesia dinilai telah menemui titik balik ke arah positif pada tahun 2021. Nilai ekspor Tanah Air sempat terganggu karena pandemi Covid-19 yang juga melanda di banyak negara.

Ketua Komite Tetap Pengembangan Ekspor Kadin Indonesia, Handito Joewono mengatakan, pihaknya telah melihat sudah ada tanda-tanda pertumbuhan positif ekspor Indonesia pada tahun 2021.

Baca Juga: Kadin Yakin Ekspor RI ke China Akan Lebih Besar

"Memang pandemi membuat pasar dunia turun, tetapi saya melihat di tengah turun sekarang sudah mulai ada recovery dan saya melihat dari berbagai informasi optimisme untuk ekspor tahun 2021 ini sudah kembali pulih," ujar Handito dalam acara Market Review IDX Channel, Rabu (7/4/2021).

Dia menambahkan, saat ini pertumbuhan ekspor sudah dimulai dengan adanya momentum baik karena beberapa perusahaan telah menerima order untuk ekspor setidaknya untuk pengiriman di semester II-2021 hingga kuartal akhir 2021.

Baca Juga: Mendag Bidik Ekspor ke AS Rp864 Triliun

"Memang ada yang jangka pendek tapi sebagian besar baru akan masuk di semester II pengirimannya," kata dia.

Mengenai kondisi ekspor Indonesia pada tahun 2020, Handito menjelaskan bahwa penurunan ekspor yang terjadi tidak sebesar dibandingkan negara-negara utama tujuan ekspor dunia dan pengecualian terhadap China. Menurutnya, saat ini ekspor Tanah Air sedang berada dalam titik balik pemulihan.

"Kita ingin animo ekspor yang sekarang sudah kembali tumbuh, perusahaan besar sudah mulai ekspansi kemudian ini dibarengi dengan eksportir-eksportir baru dari kalangan UKM," ucapnya.

"Ini merupakan sebuah harapan baru bahwa kita akan sanggup masuk dan mengejar ketertinggalan kita khususnya dibandingkan dengan negara-negara besar, saya rasa China jadi salah satu referensi bagaimana mengembangkan ekspor yang tidak hanya berbasis kepada pelaku usaha besar tapi juga pelaku UKM," sambungnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini