Menko Luhut Tangkap 1 Orang yang Bikin Masalah Ekspor Babel

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 13 April 2021 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 320 2393905 menko-luhut-tangkap-1-orang-yang-bikin-masalah-ekspor-babel-gywIyLP9Ra.jpg Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bahwa pemerintah telah mengamankan satu orang terkait permasalahan ekspor di Bangka Belitung.

Hal ini dia sampaikan dalam acara KPK pada hari ini, Selasa (13/4/2021). Maka itu, pemerintah mengajak KPK untuk ikut mengawasi proyek-proyek besar. Di mana KPK akan terlibat seperti melakukan pencegahan atau penataan ekspor di Bangka Belitung.

Baca Juga:  Menko Luhut Minta KPK Tidak Jadi Alat Kekuasaan

"Karena di sana banyak sekali yang di ekspor yang tidak jelas dan kemarin sudah ada satu yang kami tangkap dan apa yang didapat di dalam, dengan apa yang dilaporkan tidak sesuai," ujar dia.

Dia juga menjelaskan bahwa Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan sudah langsung bekerja dengan adanya permasalahan tersebut. Di sisi lain, kata dia, dengan adanya sistem integrasi seperti OSS bisa memudahkan aturan ekspor.

Baca Juga:  Luhut Minta KPK Awasi Proyek 8 Pelabuhan yang Berpotensi Timbulkan Korupsi Besar

"Jadi kalau teman-teman melihat kenapa saya banyak ngurusin semua hal saat ini karena saya mau semua terlibat. Kita bekerja keras untuk terintegrasi," ungkap dia.

 Sebelumnya, pemerintah meluncurkan platform ekosistem logistik di Batam (Batam Logistic Ecosystem/BLE) di Batam. Peluncuran tersebut sebagai pilot project dari ekosistem logistik nasional (National Logistic Ecosystem/NLE).

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, peluncuran ini dilakukan karena pemerintah ingin Indonesia bisa bersaing secara efisiensi biaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini