Selamat Tinggal BBM, Pertamina Bakal Bangun 'SPBU' Listrik di Bandara Soetta

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 320 2399017 selamat-tinggal-bbm-pertamina-bakal-bangun-spbu-listrik-di-bandara-soetta-ZmAqgLBrbr.jpg Mobil Listrik (Foto: Reuters)

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) serius dalam pengembangan stasiun pengisian kendaraan listrik umum atau (SPKLU). Hal ini untuk mendukung program pemerintah mempercepat tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, Pertamina berupaya untuk dapat berkontribusi pada pengurangan CO2 di Indonesia dengan mendukung Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 terkait percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

"Jadi Pertamina bersama Grab berkomitmen untuk menjalin kerja sama dalam pengembangan bisnis SPKLU fast charging. Dan akan dimulai di area Bandara Soekarno Hatta yang merupakan wilayah dengan mobilitas dan traffic yang cukup tinggi," ujar dia dalam konferensi pers, Kamis (22/4/2021).

Baca Juga: Erick Thohir: Bisnis Pom Bensin Akan Sunset, Bukan Nakut-nakutin! 

Dia menjelaskan melalui sinergi bersama Grab, Pertamina berkeyakinan bahwa kerja sama ini akan mengarah kepada hal positif guna mendukung arahan pemerintah dalam proses percepatan program kendaraan motor listrik berbasi baterai di Indonesia.

Kemudian, lanjut dia, Pertamina saat ini telah mengembangkan enam titik stasiun pengisian kendaraan listrik umum atau SPKLU dengan tipe fast charging yang tersebar di lokasi SPBU dan lokasi staregis lainnya yang tersebar di Provinsi DKI Jakarta dan Banten.

"Maka itu dalam pengoperasian SPKLU nantinya akan bersifat self servicess dan chasless dengan mengedepankan kemudahan pengisian bagi pemilik kendaraan," ungkap dia.

Dia juga menambahkan, Pertamina mempunyai cita-cita menjadi world class company. Maka itu, secara bertahap menyiapkan transisi energi ke arah energi terbarukan. Salah satunya dalam sektor energi baterai kendaraan listrik melalui perusahaan patungan Indonesia Battery Corporation atau IBC serta menyiapkan infrastruktur kendaraan listrik di sisi hilir.

"Kami berharap semoga sinergi kerja sama yang sudah diinisiasi dengan baik pada awal ini, akan berjalan lancar. Ke depannya akan terus meningkat untuk memberikan kontribusi terbaik baik bagi masyarakat Indonesia dan lingkungan," tutur dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini