Industri Otomotif Bangkit, Saksikan Selengkapnya di The Indonesia Economic Club Malam Ini Pukul 21.00 WIB Hanya di iNews

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 320 2399093 industri-otomotif-bangkit-saksikan-selengkapnya-di-the-indonesia-economic-club-malam-ini-pukul-21-00-wib-hanya-di-inews-tdo7YfQONN.jpg Acara iNews (iNews)

JAKARTA - Sektor otomotif mulai bangkit. Hal tersebut ditandai dengan peningkatan tajam penjualan mobil pada Maret dan April 2021. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan total penjualan ritel mobil di bulan Maret mencapai lebih dari 77.511 unit atau naik 39,4 persen MoM dibanding dengan bulan Februari.

Jika dibandingkan dengan volume penjualan Maret 2020 YoY, terjadi peningkatan sebesar 22 persen. Sementara jika melihat berdasarkan wholesales atau penjualan pabrik ke dealer melompat tinggi hingga 72 persen, dibandingkan februari 2021. Bagi kolektor mobil antik dan mewah yang juga Sekjen IKatan Motor Indonesia (IMI) Ahmad Sahroni, “saat ini adalah momen tepat bagi masyarakat yang ingin membeli mobil untuk dapat mewujudkannya. Pasalnya, saat ini masih berlangsung relaksasi PPnBM. Bangkitnya industri otomotif juga dinilai akan membangkitkan industri otomotif turunannya seperti industri modifikasi.”

 Baca juga: Jokowi: Industri Otomotif Mulai Bangkit! Banyak yang Beli Mobil

Hal serupa disampaikan oleh Anton Jimmi Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor. Semenjak relaksasi insentif PPnBM seratus persen diberlakukan pihaknya mengalami peningkatan demand hingga 26.445 unit atau 110 persen dibangdingkan penjualan ritel Februari 2021 yang jumlahnya 12.537 unit.

Lepas dari mulai meningkatnya penjuaan kendaraan bermotor, perhatian akan green technology turut menjadi perhatian. Kendaraan listrik diharapkan bisa menjadi ladang investasi bagi indusri motif Indonesia. Meski kampanye kendaraan listrik sudah mluai masif, Ahmad Sahroni menjamin minat anak muda saat ini terhadap otomotif belum sampai pada kendaraan listrik. Hal tersebut dikarenakan harga kendaraan listrik yang masih cukup tingga jika dibandingkan dengan harga beli mobil konvensional. Sementara Gaikindo menerangkan, bahwa Indonesia memiliki alternatif green technology sejak 20 tahun lalu yaitu B30.

 Baca juga: Menperin Rayu Raksasa Industri Otomotif Jepang Investasi di RI

Sekjen Gaikindo Kukuh Kumara, Sekjen IMI Ahmad Sahroni dan Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy akan hadir di The Indonesia Economic Club “Industri Otomotif Bangkit” malam ini (Kamis, 22 April 2021) pukul 21.00 WIB dipandu Apreyvita Dyah Wulansari dan Prof. Rhenald Kasali hanya di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews.

Anda yang memiliki mobilitas dan tidak sempat menyimak di depan layar kaca, dapat mengikuti program ini melalui laman www.rctiplus.com dan aplikasi RCTI+, unduh segera di Google Play Store dan Apple App Store.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini