E-Commerce Berlomba-lomba Gaet Konsumen Muslim, Kenapa?

Michelle Natalia, Jurnalis · Jum'at 23 April 2021 18:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 23 320 2399812 e-commerce-berlomba-lomba-gaet-konsumen-muslim-kenapa-1W57ZOt4QQ.jpg Ekonomi Digital (Shutterstock)

JAKARTA - Perkembangan teknologi dan dunia digital telah turut mengubah perilaku dan gaya hidup muslim terutama sejak pandemi Covid-19 melanda. Alhasil, kaum muslim khususnya kaum milenial semakin digital savvy.

"Singkatnya, generasi milenial tidak mudah lepas dari bagian hidup digital. Segala aktivitas sehari-hari mereka mulai beralih ke digital seperti mencari informasi hingga berbelanja," ujar Managing Partner Inventure Yuswohady dalam Webinar Millennial Muslim Megashifts di Jakarta, Jumat (23/4/2021).

 Baca juga: Jalani Puasa Ramadan, Lebih Praktis dengan Belanja di AladinMall!

Dia mengatakan, khusus dalam hal berbelanja semenjak Covid-19 mewabah, sebagian kaum muslim lebih banyak melakukan aktivitas belanja secara online dibanding datang langsung ke toko fisik (offline). Sementara di sisi lain, semakin kaya dan religiusnya kelas menengah muslim Indonesia berakibat pada gurihnya pasar muslim di Indonesia.

"Terlihat dari mulai banyaknya e-commerce atau marketplace online yang khusus membidik pasar muslim," tambah Yuswohady.

 Baca juga: Wapres Minta E-Commerce Bantu UMKM Syariah Jualan Online

Salah satunya, lanjut dia, adalah mereka berlomba-lomba menciptakan kanal khusus muslim. Kanal ini diperuntukkan untuk menjawab kebutuhan kaum muslim milenial dengan menawarkan koleksi muslim terlengkap, mulai dari produk fashion, makanan halal, hingga pembayaran kewajiban zakat dan infaq.

"Seperti misalnya Tokopedia dengan Tokopedia Salam, Shopee dengan Shopee Barokah, dan Lazada dengan Lazada Amanah," pungkas Yuswohady.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini