Share

Ditunggu-tunggu, Ini 5 Fakta Kapan THR PNS Cair

Giri Hartomo, Okezone · Minggu 25 April 2021 06:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 24 320 2400160 ditunggu-tunggu-ini-5-fakta-kapan-thr-pns-cair-aecybg06ur.jpg Rupiah (Reuters)

JAKARTA - Tunjangan Hari Raya  bagi Pegawai Negeri Sipil (THR PNS) akan segera cair. Saat ini pemerintah sedang memfinalisasi payung hukum yang mengatur pencairan THR PNS tersebut.

Selain PNS, THR tersebut juga ditujukan kepada TNI dan Polri. Ada sejumlah fakta menarik dari pencairan THR PNS ini. Berikut Okezone merangkumnya pada Minggu (25/4/2021).

Baca juga: Dengan Rp30,6 Triliun, PNS Dapat THR Berapa Tahun Ini?

1 THR PNS Cair H-10 Lebaran

Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa THR untuk PNS cair H-10 sebelum lebaran.

“Kemudian untuk ASN dan prajurit TNI Polri ini juga difinalisasi oleh Ibu Menkeu dan dibayarkan H-10,” ucapnya.

 Baca juga: Anggaran THR PNS Rp30,6 Triliun, Eselon I dan II Bukan Prioritas?

2 Anggaran untuk THR PNS Mencapai Rp30,6 triliun

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan, anggaran THR PNS mencapai Rp30,6 triliun. Rinciannya untuk PNS pemerintah pusat mencapai Rp15,8 triliun dan PNS pemerintah daerah mencapai Rp14,8 triliun.

3 Cair H-10 sampai H-5 Lebaran

 

 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, pencairan THR PNS sudah ditetapkan H-10 Lebaran. Saat ini masih menunggu tanda tangan Presiden Joko Widodo. Sri Mulyani mengatakan pencairan THR PNS pada H-10 hingga H-5 sebelum Lebaran.

4 Berharap Semua PNS Dapat THR Tahun Ini

Ketua Umum Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Zudan Arif Fakrullah mengaku belum mendapatkan informasi berkaitan THR PNS tahun ini. Zudan mengaku berharap semua PNS mendapatkan THR tahun ini.

Seperti diketahui pada tahun lalu eselon I dan II PNS tidak mendapatkan THR. Jika tahun ini kebijakan THRnya sama seperti tahun lalu, Zudan mengatakan akan memahami kebijakan tersebut.

“Tapi kita memahami situasi keuangan negara. Andai kata negara tidak mampu memberikan kepada golongan pejabat eselon I dan II kita maklumi,” ujarnya.

5 THR Cair, Ekonomi Meroket

Pemerintah mengguyur tunjangan hari raya (THR) bagi karyawan maupun PNS dapat mendongkrak produk domestik bruto (PDB). Sehingga, target pertumbuhan ekonomi di kuartal II-2021 bisa tembus 7% year on year (yoy).

“Nah terkait dengan kegiatan dengan lebaran yang didorong pemerintah dengan pembayaran THR bisa mengungkit 1% PDB, THR dari sektor tenaga kerja, maupun ASN, TNI, Polri, itu jumlahnya Rp150 triliun dari dana yang beredar di publik,” kata Menko Airlangga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini