5 Fakta Bansos Dirapel Cair Awal Mei, Ini Daftarnya

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 03 Mei 2021 04:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 02 320 2404209 5-fakta-bansos-dirapel-cair-awal-mei-ini-daftarnya-5pgIQLsWmx.jpg Bansos Cair (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah melarang masyarakat Indonesia untuk melakukan mudik pada Lebaran tahun ini sejak 6- 17 Mei 2021. Adanya kebijakan tersebut membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk mencairkan bantuan sosial (bansos) dengan cara dirapel.

Pemerintah berencana mencairkan bansos Mei 2021 bersamaan dengan bansos Juni. Cek daftar penerima bansos di link cekbansos.kemensos.go.id. Makanya jangan kaget jika besaran bansos akan lebih besar.

Terkai hal itu, Okezone telah merangkum beberapa fakta menarik soal bansos, Senin (3/5/2021).

Baca Juga: Selamat Tinggal Bansos Tunai, Ini 4 Faktanya 

1. Bansos Dirapel Mei-Juni

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan Pemerintah pun siap rapel bantuan sosial sebagai kompensasi.

"Ada rencana pemberian Bansos akan dirapel Mei-Juni untuk Lebaran demi menjaga daya beli. Jadi masyarakat bisa menikmati Lebaran," ujar Muhadjir dalam webinar yang digelar Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) di Jakarta (20/4/2021).

2. Bansos Cair Awal Mei

Dia juga menjanjikan penyaluran bansos dilakukan pada awal Mei sehingga masyarakat dapat bersiap-siap untuk kebutuhan Lebaran.

3. Bansos Dirapel demi Jaga Daya Beli Masyarakat

Muhadjir mengatakan akan tetap menjaga daya beli masyarakat di tengah larangan mudik Lebaran 2021.

4. Pemerintah Khawatir Pertumbuhan Ekonomi Tersendat Pasca Lebaran

Dirinya mengakui bila Pemerintah terus mencari titik optimum antara pertumbuhan ekonomi dan kenaikan angka Covid-19.

Hal ini yang membuat Pemerintah mengambil keputusan meniadakan mudik karena dikhawatirkan akan terjadi kenaikan positif covid19 yang eksponensial pasca Lebaran.

"Kita bikin hitungan untuk mencapai titik optimum, walaupun sifatnya juga setengah spekulasi," katanya.

5. Bansos yang Cair

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menjelaskan, berbagai bansos yang akan dipercepat penyalurannya yakni Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

"Kita minta untuk segera dijalankan yang bulan ini [April] dan juga bulan depan (Mei), agar segera diterima oleh masyarakat," jelas Suahasil dalam konferensi pers APBN Kita belum lama ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini