Pandemi Covid-19, Pesawat Charter Wuhan-Jakarta Angkut TKA China

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 03 Mei 2021 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 02 320 2404244 pandemi-covid-19-pesawat-charter-wuhan-jakarta-angkut-tka-china-8nrrvbS1SH.jpg Pesawat (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Maskapai Lion Air membuka rute penerbangan Wuhan-Jakarta. Kementerian Perhubungan pun buka suara soal rute penerbangan ini di tengah masih berlangsungnya pandemi Covid-19.

Ternyata, penerbangan tersebut bukanlah penerbangan berjadwal atau reguler, melainkan penerbangan charter.

Penerbangan charter telah memenuhi persyaratan terbang dan mendapatkan Flight Approval (FA) pada tanggal 18-19 April 2021 dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara untuk melayani penerbangan charter dengan tujuan pengangkutan WNA asal China untuk kepentingan pekerjaan atau perusahaan.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Novie Riyanto memastikan bahwa pembukaan rute penerbangan sudah sesuai dengan peraturan penerbitan Flight Approval dan telah memenuhi syarat keimigrasian dan kesehatan, serta kepentingan nasional dalam menangani penyebaran wabah Covid-19.

"Penerbangan internasional rute Wuhan-CGK yang dilayani oleh Lion Air, kami pastikan bahwa penerbangan tersebut merupakan penerbangan yang dilakukan dengan sistem charter, bukan berjadwal dan telah memenuhi persyaratan keimigrasian dan kesehatan. Penerbitan FA pun tetap memperhatikan aspek pengendalian Covid-19 di Indonesia," ujar Novie dalam keterangan tertulis, Minggu (2/5/2021).

Baca Selengkapnya: Ada Penerbangan Wuhan-Jakarta Angkut TKA China, Begini Penjelasan Kemenhub

 

(dni)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini