BUMN Siap Bersaing, Erick Thohir: Jadi Bukan Kaleng-kalengan!

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Rabu 05 Mei 2021 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 05 320 2406125 bumn-siap-bersaing-erick-thohir-jadi-bukan-kaleng-kalengan-HvDrqqoq4S.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/BUMN)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir meminta manajemen sejumlah perusahaan pelat merah mengikuti aksi korporasi PT Pertamina (Persero). Di mana perseroan memiliki subholding perkapalan, yakni PT Pertamina Shipping International (PIS).

Sejumlah perseroan yang dimaksud Erick Thohir adalah PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN, PT Telkom Indonesia (Persero), hingga perusahaan strategis lainnya. Khusus untuk PIS, pemegang saham menargetkan akan menjadi pemain global di industri energi baik dari sisi marine dan logistik.

Baca Juga: 7 BUMN Segera Dibubarkan karena Mati Suri Sejak 2008

Mantan Bos Inter Milan itu yakin betul, jika strategi bisnis yang sedang dan sudah dirumuskan mampu membawa BUMM menjadi pemain global kedepannya. Karena itu, dia mengarahkan agar manajemen mampu mengambil langkah besar dan relevan dengan kondisi pasar saat ini.

"Strateginya sekarang yang saya bisa lihat secara nyata, langkahnya, posisinya, strateginya, dan siap untuk bersaingnya itu adalah real jadi bukan hanya kaleng-kalengan," ujar Erick, Rabu (5/5/2021).

Baca Juga: Mati Suri, Begini 4 Profil BUMN yang Mau Dibubarkan Erick Thohir

Saat peresmian Pertamina Shipping International, Erick berujar, menjadi satu keharusan jika BUMN memperbaiki supply chain bagi ketahanan energi nasional, sebab, Indonesia sebagai negara kepulauan membutuhkan hal tersebut.

Dia pun mendorong manajemen perseroan negara untuk merumuskan program besar agar memastikan keberlanjutan logistik di dalam negeri berjalan dengan baik. Salah satunya, mengintegrasikan logistik kelautan melalui aset-aset kapal dan infrastruktur yang dimiliki.

"Kita bisa lihat Indonesia yang merupakan negara kepulauan ini menjadi penting terus memperbaiki supply chain. Kementerian BUMN dan BUMN khususnya Pertamina harus memastikan langkah besar logistik supply chain ini menjadi sebuah upgrading supaya menjadi sustainability yang baik," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini