Ekonomi RI Boleh Minus tapi Masih Lebih Baik dari Negara Lain, Benar?

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 06 Mei 2021 14:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 06 320 2406609 ekonomi-ri-boleh-minus-tapi-masih-lebih-baik-dari-negara-lain-benar-3GBYtiAtbO.jpg Ekonomi RI (Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih baik dibandingkan beberapa negara lainnya. Sebagai informasi, pertumbuhan ekonomi Indonesia minus 0,72% di kuartal I.

Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kementerian Keuangan, Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan beberapa indikator ekonomi pada Januari sampai Februari 2021 masih ada beberapa yang merah. Namun pada Maret 2021 sudah mulai hijau, ini menunjukkan perekonomian Indonesia sudah menunjukkan tren pemulihan yang diharapkan.

 Baca juga: Lonjakan Kasus Covid-19 di India Jadi Alarm bagi Ekonomi RI

“Dibandingkan dengan negara-negara lain hampir rata-rata negara itu kuartal satunya sudah meningkat tapi Indonesia termasuk lebih baik dibandingkan negara lain," ujar Kunta dalam video virtual, Kamis (6/5/2021).

Dia pun optimis pertumbuhan ekonomi kuartal II-2021 bisa tumbuh di kisaran 7-8% . Hal ini tercermin dari beberapa indikator ekonomi yang sudah menunjukan tren pemulihan.

 Baca juga: Indonesia Masih Resesi, Begini Pertumbuhan Ekonomi Sejak Awal Pandemi

"Kita optimis di sekitar 7-8% karena pertama kuartal II-2020 kemarin negatif sangat dalam jadi untuk mencapai itu kita optimis ke sana," bebernya.

Lanjutnya, pemerintah juga berupaya untuk mempercepat belanja negara dan dukungan bagi sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini dilakukan agar, ekonomi Indonesia kembali pulih.

"Kita melihat indikator-indikator yang menunjukan pemulhan itu terjadi dan kita konsisten dan mensupport pemulihan," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini