THR Cair? Jangan Lupa Bayar Cicilan

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 08 Mei 2021 21:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 622 2406975 thr-cair-jangan-lupa-bayar-cicilan-UMA4WZlqQA.jpg Tips Mengatur THR. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Jelang berakhirnya bulan Ramadhan, seluruh pekerja akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR). THR adalah pendapatan non-upah yang wajib dibayarkan pengusaha, kepada pekerja atau keluarganya menjelang hari raya keagamaan di Indonesia.

Dana segar yang diterima para pekerja tersebut harus dikelola secara baik agar tak habis dalam waktu yang singkat. Pasalnya, kerap kali ketika menerima uang berlimpah sejumlah orang biasanya tak bisa mengontrol pengeluarannya.

Baca Juga: Setop Beli Kopi Kekinian agar Duit THR Tak Jebol

Salah satu alokasi pengeluaran yang harus segera dibayarkan ketika mendapatkan THR adalah pembayaran cicilan. Sebab, itu merupakan jenis pengeluaran wajib yang tak boleh dilupakan ketika sedang mempunyai uang berlebih.

"Biaya hidup ada, cicilan utang ada, premi asuransi ada. Inilah yang besar dan kecilnya yang benar-benar bisa kita kendalikan,” kata Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE), Mike Rini kepada Okezone, Sabtu (8/5/2021).

Baca Juga: KSP: Jokowi dan Sri Mulyani Satu Suara soal THR PNS 2021

Selanjutnya, setiap pekerja harus melakukan bujeting pengeluaran secara baik. Sehingga, bisa mengetahui mana saja pengeluaran yang penting dan tidak.

“Cara menghemat itu kalau uang kita tidak banyak, ya disubtitusi. Penghematan di tempat lain. Jadi banyak cara untuk mengurangi biaya hidup,” kata ujarnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini