Dibuka Tak Meriah, Begini Nasib IHSG Usai Lebaran

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Selasa 11 Mei 2021 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 278 2408942 dibuka-tak-meriah-begini-nasib-ihsg-usai-lebaran-xNotz54WdG.jpg Saham (Shutterstock)

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di zona merah pada pembukaan perdagangan pagi hari ini (11/5/2021). IHSG tertekan 0,37% berada di level 5.953.

Head of Research NH Korindo Sekuritas Anggaraksa Arismunandar menuturkan, sudah lebih dari satu bulan pergerakan IHSG berada di rentang yang cukup pendek. Artinya, pergerakan IHSG dapat dikatakan tidak terlalu optimis.

 Baca juga: IHSG Makin Lesu di Jeda Siang, Turun Nyaris 1% ke 5.921

“Misalnya indeks sudah turun sampai sekitar level 5.900, itu segera terjadi technical rebound. Tapi sebaliknya kalau sudah mendekati ke atas level 6.000 atau level 6.100 itu juga cukup cepat terjadi aksi profit taking. Jadi, technical rebound dan profit taking ini yang menyebabkan IHSG bisa dibilang cukup galau,” tuturnya dalam acara Market Opening IDX Channel, Selasa (11/5/2021).

Akan tetapi, menurutnya, jika dilihat time frame jangka panjang justru kondisi indeks saat ini masih dalam level menarik untuk dilakukan akumulasi.

Baca juga:IHSG Dibuka Terkoreksi 0,3% ke 5.960

“Kalau misalnya di bulan Mei itu cenderung banyak orang yang menghindari, sebenarnya kita ga melihat begitu ya. Kita sesuaikan lagi time framenya kalau memang untuk investasi jangka panjang, justru ini saat yang menarik ketika memang bursa di sisi lain kita tahu dari segi volume transaksi juga sedang turun gitu,” jelas Anggaraksa.

Di sisi lain, Anggaraksa menilai, memasuki libur lebaran IHSG berpotensi menguat. Hal tersebut juga didorong oleh Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang untuk pertama kalinya masuk ke zona optimis.

Kemudian, Anggaraksa merekomendasikan beberapa saham pilihan yang bisa menjadi pertimbangan para investor. Saham-saham tersebut yaitu, LPPF, SSMS, ANTM, dan HRUM.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini