Menko Airlangga: 1,5 Juta Orang Memaksa Mudik

Michelle Natalia, Jurnalis · Sabtu 15 Mei 2021 12:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 15 320 2410438 menko-airlangga-1-5-juta-orang-memaksa-mudik-N6iga9yBui.jpeg Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Okezone.com)

 JAKARTA – Pemerintah melarang masyarakat melakukan mudik pada Lebaran tahun ini. Meskipun demikian, masih ada saja masyarakat yang nekat dan memaksakan diri untuk mudik.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto menyebutkan adanya 1,5 juta pemudik yang bandel dan menerobos aturan pemerintah.

Baca Juga: Mulai Besok, Random Tes Covid-19 Pemudik Arus Balik Digelar, Berikut Lokasinya

"Data awal yang mudik 17 juta dengan operasi ketupat dan penyekatan 1,5 juta (orang) memaksa mudik," kata Airlangga dalam video virtual, Sabtu (15/5/2021).

Dia melanjutkan telah menyiapkan pemudik yang akan kembali ke Jakarta. Salah satunya memberikan ruang isolasi dan melakukan tes antigen bagi pemudik yang kembali ke ibu kota.

Baca Juga: Polisi Punya Opsi Perpanjang Putarbalik Kendaraan Seminggu Lebih Lama

"Kebijakan yang diambil memetakan PPKM mikro dan dites positif harus dilakukan isolasi. Ada yang kembali ke Jakarta akan tempat isolasi dan melakukan tes di beberapa titik," bebernya.

Dia menekankan, Pemerintah akan terus menurunkan kurva positif Covid-19. Hal ini dikarenakan untuk mengantisipasi lonjakan Covid-19 saat mobilitas aktif.

"Yang kita cegah yaitu adanya lonjakan mobilitas pasca mudik ini dan pemerintah ini mengambil langkah melakukan track PCR dan antigen di 21 lokasi provinsi di Indonesia," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini