Cara Ampuh Kembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Lebaran

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Senin 17 Mei 2021 22:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 17 622 2411209 cara-ampuh-kembalikan-semangat-kerja-setelah-libur-lebaran-gXX3ehKYtC.jpg Karyawan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Hari ini adalah hari pertama bekerja bagi beberapa orang setelah libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Tentu saja, setelah libur panjang pasti ada rasa malas yang menerjang ketika harus bekerja kembali.

Rasa malas untuk bekerja setelah libur panjang memang sebuah hal yang sangat wajar bagi siapa saja, namun hal ini pastinya harus ditanggulangi dan dikelola dengan baik agar tidak berdampak lebih buruk, seperti mengganggu produktivitas kerja.

Baca Juga: Pejabat Goldman Sachs Resign Usai Untung Besar dari Dogecoin

Beberapa tips berikut bisa membantu pekerja untuk mengembalikan semangat kerja setelah lebaran, dilansir dari akun Instagram Kementerian Ketenagakerjaan @kemnaker, Senin (17/5/2021).

1. Pikirkan kesenangan dalam bekerja

Bekerja sambil melakukan hal-hal yang bisa membuat senang adalah langkah terpenting untuk mengembalikan semangat. Bisa dengan mendengarkan musik atau podcast yang seru, membeli kopi, atau makanan ringan kesukaan.

Baca Juga:  Pedoman Rasulullah dalam Berbisnis, Jangan Memaksakan Diri Bekerja di Luar Kemampuan

2. Buat to do list agar lebih fokus

Ketika semangat kerja kurang, orang cenderung tidak fokus dan malas untuk berpikir sehingga pekerjaannya dilakukan dengan tidak teratur. Untuk meminimalisir hal ini terjadi, pekerja bisa membuat daftar pekerjaan atau to do list agar pekerjaannya bisa dilakukan dengan lancar dan teratur.

3. Datang lebih pagi

Udara pagi yang masih segar dan asri bisa membuat mood seseorang membaik dan memberikan semangat untuk produktif di tempat kerja. Datang ke tempat kerja lebih pagi bisa menjadi solusi ampuh untuk mengembalikan semangat setelah libur lebaran.

4. Mulai bekerja secara perlahan

Agar lebih fokus dan teratur, orang dianjurkan untuk tidak terlalu terburu-buru untuk menyelesaikan pekerjaan, melainkan nikmati prosesnya dan bekerjalah secara perlahan. Bekerja secara buru-buru bisa membuat pekerja berpeluang besar melupakan beberapa hal dan hasilnya pun jadi tidak maksimal.

5. Ingat untuk kembali menabung

Dengan memikirkan tujuan menabung, seperti ingin membeli barang yang diidamkan atau liburan, bisa membuat pekerja kembali bersemangat untuk bekerja keras sehingga nanti bisa menikmati hasil tabungan dari penghasilannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini