Kenapa Pekerja Banyak yang Resign Setelah Lebaran? Ini Penjelasannya

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Rabu 19 Mei 2021 05:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 18 622 2411780 kenapa-pekerja-banyak-yang-resign-setelah-lebaran-ini-penjelasannya-vF9wQYYlhp.jpg Karyawan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Resign merupakan salah satu hak bagi setiap pekerja. Pekerja bisa sewaktu-waktu mengajukan permohonan resign kepada perusahaan karena berbagai alasan, seperti ingin mendapat gaji lebih tinggi atau kerja di tempat yang lebih.prestisius.

Namun, sudah menjadi rahasia umum bahwa gelombang resign biasanya terjadi setelah lebaran. Kompaknya para pekerja untuk pindah atau berganti karier setelah lebaran tentunya berlandaskan berbagai alasan.

Baca Juga: Pejabat Goldman Sachs Resign Usai Untung Besar dari Dogecoin

Berikut beberapa alasan di balik keinginan pekerja untuk mengganti karier setelah lebaran, dikutip dari akun Instagram Kementerian Ketenagakerjaan @kemnaker, Rabu (19/5/2021).

1. Sudah mendapat THR penuh yang ditunggu-tunggu

Biasanya, para pekerja yang sudah lama ingin resign dari tempat kerjanya menunggu sampai THR dari perusahaan cair. Sehingga jika ingin dapat, pekerja tidak bisa resign H-30 lebaran dan baru bisa resign setelah lebaran.

Baca Juga: Cara Ampuh Kembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Lebaran

2. Jatah cuti sudah habis

Jatah cuti merupakan hal yang krusial dan dibutuhkan bagi pekerja ketika ada kebutuhan mendesak, sakit, atau sekadar untuk beristirahat sejenak dari kepenatan bekerja. Ketika jatah sudah habis, pekerja bisa saja mencari tempat kerja baru agar mendapat jatah kembali.

3. Banyak lowongan kerja karena banyak karyawan perusahaan lain yang resign

Keinginan untuk resign biasanya juga disebabkan karena mendapat kesempatan atau penawaran dari tempat lain yang juga mengalami gelombang resign. Apalagi jika perusahaannya lebih prestisius atau menawarkan gaji yang lebih tinggi.

4. Waktu yang tepat untuk memulai yang baru

Pekerja mungkin sudah terlalu jenuh dan bosan di tempat kerjanya, sehingga mencari waktu yang tepat untuk resign. Mungkin setelah lebaran adalah waktu yang tepat bagi dia, karena baru mendapat izin dari pasangan, orang tua, atau dari atasan kerja, dan alasan-alasan lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini