Lebaran Jadi Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 19 Mei 2021 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 320 2412447 lebaran-jadi-pendorong-pertumbuhan-ekonomi-kuartal-ii-A1wjSIKHma.jpg Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Okezone.com/Kemenko Ekonomi)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato optimis ekonomi kuartal II tahun ini terus membaik. Apalagi di kuartal II ada momen Ramadhan dan Idul Fitri.

Airlangga memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa berada di level 4,5% sampai 5,3%. Sementara di kuartal II, ekonomi diperkirakan tumbuh hingga 7% setelah terkontraksi 0,74% di kuartal I-2021.

Baca Juga: Ekonomi RI Boleh Minus tapi Masih Lebih Baik dari Negara Lain, Benar?

"Untuk kuartal II, bersamaan dengan Hari Raya Idul Fitri, hampir tiap tahun mengalami kenaikan. Itu menjadi dorongan bahwa di kuartal II relatif lebih baik dan sesuai dengan prediksi berbagai lembaga," kata dia dalam video virtual,Rabu (19/5/2021).

Kata dia, salah satu pendorong pemulihan ekonomi adalah membaiknya konsumsi rumah tangga maupun LNPRT. Di samping itu, konsumsi pemerintah juga akan didorong untuk mendukung perekonomian, serta perbaikan investasi dan ekspor-impor.

Baca Juga: Menko Airlangga: Pemulihan Ekonomi Triwulan I Berlanjut & Diprediksi Triwulan II Terakselerasi Lebih Tinggi

"Itu sudah jelas, ke depan kita melihat konsumsi perlu terus kita dorong baik rumah tangga maupun LNPRT. Kita melihat sektor PMTB (investasi) kita dorong positif di kuartal II, demikian ekspor impor," tandasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini