Coba Diperiksa! Ini 9 Tanda Miliki Utang Terlalu Banyak

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Kamis 20 Mei 2021 04:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 622 2412292 coba-diperiksa-ini-9-tanda-miliki-utang-terlalu-banyak-HynLrfOlts.jpeg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Freepix)

JAKARTA - Banyak orang yang tidak bisa lepas dari kebiasaan berutang, baik itu utang kecil yang berasal dari pinjaman keluarga sampai dengan utang besar yang berasal dari bank.

Walaupun seseorang bisa mengelola pengeluaran, memiliki terlalu banyak utang dapat menyebabkan masalah keuangan lainnya, seperti tidak dapat menabung, kehilangan alokasi untuk pengeluaran wajib, dan harus meminjam lebih banyak uang hanya untuk tetap bertahan hidup.

Berikut adalah beberapa tanda seseorang memiliki lebih banyak utang daripada yang dapat dia tangani, dilansir dari The Balance, Kamis (20/5/2021).

Baca Juga: 6 Tips Meminjamkan Uang ke Keluarga Tanpa Menimbulkan Konflik

Tidak Tahu Berapa Banyak Utang yang Dimiliki

Bersembunyi dari utang tidak akan membuatnya berkurang. Faktanya, jika seseorang dengan sengaja mengabaikan utangnya, bisa jadi utang yang ada lebih banyak hutang dari yang diperkirakan dan dia hanya takut untuk menghadapinya.

Kekurangan Uang Menyebabkan Pembayaran Terlambat

Jika pembayaran utang lebih tinggi dari pendapatan, itu pertanda pasti bahwa seseorang memiliki terlalu banyak utang. Tidak memiliki cukup uang untuk pembayaran bulanan berarti dia melewatkan pembayaran dari waktu ke waktu, yang membuat masalah utang semakin parah.

Pembayaran terlambat memicu bunga yang lebih tinggi. Mencermati pengeluaran bulanan dapat membantu seseorang mengetahui apa yang dapat dia kurangi agar lebih mampu membayar tagihan.

Baca Juga: Trik Mengatur Pengeluaran Selama Pandemi, Tetap Bisa Nabung Kok!

Menghindari Panggilan Telepon dari Debt Collector

Ketika debt collector mulai menelepon, berarti utang sudah menjadi tunggakan dan mungkin tidak terjangkau. Orang mungkin dapat menghindari panggilan telepon debt collector untuk sementara waktu, tetapi jangan meremehkan kreditor dan debt collector karena mereka bisa menuntut atau menggugat kepada pengadilan.

Meminjam Uang untuk Membayar Kembali Utang

Jika seseorang harus membayar pengeluaran dengan pinjaman dari keluarga, teman, atau kartu kredit, berarti dia memiliki terlalu banyak utang. Seseorang akhirnya akan kehabisan tempat untuk meminjam uang dan harus menghadapi utang yang telah menumpuk.

Mengurangi pengeluaran atau meningkatkan pendapatan akan membuat seseorang lebih mudah untuk membayar pengeluarannya tanpa harus meminjam uang.

Kurang Tidur Karena Kekhawatiran Keuangan

Jika seseorang begitu khawatir dengan pengeluaran dan bagaimana cara membayarnya sehingga tidak bisa tidur di malam hari, itu pertanda pasti bahwa utang sudah lepas kendali.

Stres terkait utang dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Membuat rencana untuk menangani hutang dapat menghilangkan stres dan dalam beberapa kasus, benar-benar menyelamatkan hidup.

Masalah Keuangan Mempengaruhi Kinerja Kerja

Ketika kesengsaraan finansial meluas ke tempat kerja, inilah saatnya untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Kehilangan pekerjaan adalah hal terakhir yang dibutuhkan saat ini karena kehilangan pendapatan dapat membuat seseorang berada di tepi finansial.

Tabungan Habis

Tidak adanya tabungan itu sendiri tidak selalu berarti seseorang memiliki lebih banyak utang daripada yang dapat dia tangani. Jika dia menghabiskan tabungan untuk mencoba melunasi utang atau untuk memenuhi kebutuhan, saat itulah dia tahu ada masalah.

Tidak memiliki akses ke tabungan membuat seseorang berisiko menambah utang jika terjadi keadaan darurat finansial.

Membutuhkan Kredit untuk Bertahan Hidup

Ketika seseorang harus membeli bahan makanan dengan kartu kredit, itu pertanda masalah yang lebih dalam, dia tidak punya cukup uang untuk mempertahankan gaya hidupnya. Dia mungkin tidak menghasilkan cukup uang sama sekali atau salah mengelola uang yang dia hasilkan.

Menyembunyikan Pengeluaran atau Nominal Utang

Jika seseorang tidak bisa jujur dengan orang yang dia cintai tentang utang, kemungkinan besar dia memiliki terlalu banyak utang. Dia bahkan mungkin menyembunyikannya karena takut mereka akan menghentikan dia untuk berbelanja, yang mungkin merupakan tanda bahwa dia kecanduan utang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini