Menko Luhut Minta Lembaga Pendidikan Sekelas Apple Ada di Daerah-Daerah

Rina Anggraeni, Jurnalis · Sabtu 22 Mei 2021 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 22 320 2413862 menko-luhut-minta-lembaga-pendidikan-sekelas-apple-ada-di-daerah-daerah-UnQJrihX58.jpg Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Okezone.com/Kemenko Maritim)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengunjungi Apple Academy, di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan. Dirinya berharap bertumbuhnya pendidikan-pendidikan seperti Apple Academy untuk mendorong digitaliasi di Indonesia.

“Kita butuh orang yang paham dan mendukung digitalisasi. Jadi, kita butuh tempat macam Apple Academy ini. Jangan hanya buat di kota-kota besar, tapi juga mencerdaskan di daerah-daerah juga agar terjadi keseimbangan,” ujar Menko Luhut, Sabtu (22/5/2021).

Selain itu, Kata dia, semua kementerian dan lembaga wajib hukumnya untuk melaksanakan digitalisasi dan artinya para pemangku kepentingan semua harus paham caranya.

Baca Juga: Apple Wajibkan Pengunjung Pakai Masker saat Masuk Toko

"Jadi, pendidikan seperti ini akan jadi sangat sangat penting. Apple Academy ini sangat startegis posisinya supaya semua bisa digitalized,” ungkap Menko Luhut.

Di masa pandemi seperti ini, Menko Luhut menambahkan kebutuhan untuk digitalisasi sangatlah tinggi. Sehingga tempat seperti Apple Academy ini penting untuk membantu mempercepat proses digitalisasi di Indonesia, disemua sektor.

Baca Juga: Wow, MacBook Bakal Miliki Tujuh Warna

“Sekarang kan kebutuhan digitalized tinggi, sehingga kebutuhan mencerdaskan ini menurut saya hanya 400 orang ini kecil. Tentu akan ada hambatan seperti SDM pengajar atau infrastruktur. Kalau kurikulum sudah ada dari Apple, tapi dengan pengalaman digitalisasi selama pandemi ini tidak akan menjadi masalah dan malah menghemat biaya dan waktu. Proses pengambilan keputusan sekarang bisa melewati zoom dan jadi prosesnya cepat, tidak terbayang ini sebelum pandemi Covid-19,” kata Luhut.

Manager Government Affairs Apple Indonesia, Mirza Natadisastra menjelaskan bahwa pengembangan Apple Academy ini merupakan komitmen investasi Apple di Indonesia dan fokus pada pengembangan sumber daya manusia.

Saat ini, Apple Academy hanya ada 3 negara, yaitu Brazil, Italia, dan Indonesia yang menjadi satu-satunya negara di Asia. Apple Academy memiliki kapasitas Jakarta 200 orang, di Batam 100 orang, dan Surabaya 100 orang dan total 400 orang setiap batchnya.

Semua orang yang akan mengikuti program akan diseleksi dan harus mengikuti sepuluh bulan pelatihan intensif Februari-Desember, Senin-Jumat minimal 4 jam sehari.

“Saat ini Apple Academy sudah berjalan selama empat tahun ini dan kita melihat bahwa saat ini tengah populer tren teknologi dan digital. Apple Academy bukan hanya sekedar training school_, sertifikasi, atau coding school. Apa yang kita bawa adalah sama dengan Research and Development (RnD) seperti di California. Kita ingin mulai dari seperti apa tempat yang bisa melahirkan inovasi-inovasi yang di luar biasa,” kata Mirza.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini