Share

Kemenparekraf Patahkan Asumsi Pelaku Usaha Kecil tidak Bisa Masuk Bursa

Aditya Pratama, iNews · Jum'at 28 Mei 2021 12:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 320 2416676 kemenparekraf-patahkan-asumsi-pelaku-usaha-kecil-tidak-bisa-masuk-bursa-1jM38fPK6Q.jpg Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Bisa Mencari Pendanaan di Pasar Modal. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif didorong mencari alternatif pendanaan melalui pasar modal Indonesia. Kemnterian Pariwisata pun melakukan koordinasi dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) guna mengenalkan pasar modal pada pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Ini merupakan usaha kami bersama BEI untuk memperkenalkan bahwa pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif bisa masuk ke pasar modal, bahwa pasar modal ini bisa menjadi salah satu alternatif pembiayaan untuk mengembangkan usaha," ujar Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf, Hanifah Makarim, dalam acara "Bincang Pasar Modal" secara virtual, Jumat (28/5/2021).

Baca Juga: Sanggupi Tantangan Emil Dardak, Sandiaga Uno Yakin Hadirkan Investasi Senilai Rp 1 Triliun di KEK Singosari

Dia menambahkan, kurangnya minat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk masuk ke pasar modal karena adanya asumsi usaha kecil dan menengah tidak bisa mengakses Bursa.

"Tapi nyatanya tidak, bisa kok, nyatanya pelaku usaha dengan modal yang tidak terlalu besar pun bisa masuk ke pasar modal," kata dia.

Baca Juga: Sandiaga Uno Sebut Desa Wisata Ciptakan Lapangan Kerja dan Usaha

Dia juga menegaskan bahwa pelaku usaha UMKM bisa memanfaatkan pasar modal untuk mendapatkan sumber pembiayaan, karena sumber pembiayaan bukan hanya berasal perbankan dan modal ventura.

"Terkait dengan pasar modal ini bapak ibu bisa mendapat informasi kenapa mesti melantai di Bursa, pasar modal ini bisa dijadikan salah satu alternatif. Kita harus mulai dari sekarang, kalau kita tidak mulai tentunya kita tidak akan menuju ke sana," ucapnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini