5 Tips Merawat Uang Kertas, Jangan Tulis Nomor Telepon!

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Sabtu 29 Mei 2021 17:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 29 622 2417172 5-tips-merawat-uang-kertas-jangan-tulis-nomor-telepon-sDcDiantbR.jpg Rupiah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menganjurkan untuk tetap merawat uang Rupiah baik kertas maupun logam agar tetap dalam kondisi baik. Mumpung uang tunai yang disimpan dari hasil THR ada banyak, sehingga tetap terlihat bagus dan tidak kucel.

"Jaga dan rawat Rupiah Sobat dalam kondisi yang baik. Hal ini juga bermanfaat agar kita tetap mudah mengenali ciri keasliannya loh! Jangan cuma merawat saldonya agar tetap banyak, tapi rawat fisik Rupiahmu juga ya," tulis akun Instagram @bank_indonesia, Sabtu (29/5/2021).

Baca Juga: Uang Beredar Meningkat 11% Capai Rp6.957 Triliun 

Jika masih bingung bagaimana cara merawat uang dengan baik, berikut tips dan tahapannya, dikutip dari Instagram BI

1. Masukan Rupiah ke dalam dompet dengan kondisi tidak terlipat. Usahakan dompet yang digunakan berbentuk panjang sehingga uang yang disimpan tidak tertekuk atau terlipat.

2. Hindari Rupiah tercoret dari coretan pensil, pulpen, spidol, atau semacamnya. Apalagi menuliskan nomor telepon yang biasa dilakukan banyak orang tidak bertanggung jawab.

3. Jika ingin menggabungkan tiap lembar Rupiah sebaiknya menggunakan paper clip agar tidak merusak uang kertas. Jangan menggunakan stapler yang akan membuat uang kertas bolong atau sobek.

4. Simpan dengan benar agar tidak lecek atau berkerut, jangan disimpan di sembarang tempat seperti di kursi atau tempat tidur agar tidak terduduki atau tertindih dengan sengaja yang bisa membuat uang menjadi lecek.

5. Hindari Rupiah dari air, sehingga uang tidak menjadi basah dan mudah sobek. Intinya, jauhkan dari tempat-tempat yang mudah terkena air seperti kamar mandi atau wastafel, dan usahakan mengecek kantong pakaian sebelum dicuci agar uang tidak ikut terendam air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini