6 Tips Liburan Hemat yang Bikin Kantong Aman

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Minggu 30 Mei 2021 20:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 30 622 2417452 6-tips-liburan-hemat-yang-bikin-kantong-aman-15eGko0u0X.jpeg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Semua orang pasti menyukai liburan setelah penatnya bekerja. Demi memiliki kesempatan untuk menjernihkan pikiran, biasanya mereka menyisihkan sebagian pendapatannya untuk liburan, baik luar kota atau bahkan ke luar negeri.

Tetapi satu hal paling yang tidak dibutuhkan saat liburan adalah mengeluarkan uang terlalu banyak dan berutang. Setelah bekerja keras untuk menabung, tidak ada alasan bagi siapa pun melebihi anggaran dan membuat hidup lebih stres setelah pulang dari liburan.

Baca Juga: Jangan Minder IPK Kecil, Simak Tips Berikut agar Lolos Wawancara Kerja

Orang pasti ingin membuat rencana jauh-jauh hari dan mencari cara untuk berhemat saat berlibur. Berikut adalah beberapa tip untuk membantu berlibur dengan tetap konsisten pada anggaran bahkan bisa berhemat, dikutip dari Real Simple, Minggu (30/5/2021).

1. Buat anggaran sebelum merencanakan jadwal

Tetapkan anggaran untuk liburan sebelum memesan perjalanan. Penerbangan dan akomodasi mungkin akan menjadi pengeluaran terbesar. Hotel biasanya memiliki harga yang lebih rendah selama hari kerja karena tingkat hunian yang rendah, dan bisa jadi mendapatkan harga yang lebih baik serta penawaran makanan dan minuman jika memesan untuk lebih dari dua malam.

Baca Juga: Cemas Sebelum Interview Kerja? Lakukan Tips Berikut

2. Bawa kartu debit atau Visa prabayar

Gunakan kartu debit atau kartu Visa prabayar untuk biaya liburan. Dengan begitu, orang akan lebih sadar berapa banyak uang yang bisa dibelanjakan. Bawalah kartu kredit untuk keadaan darurat dan gunakan kartu debit atau prabayar untuk hal lainnya.

Membawa kartu debit juga akan membantu untuk menarik uang tunai. Orang mungkin juga mendapatkan diskon membayar tunai daripada membayar dengan kartu kredit.

 

3. Tetapkan batas harian untuk pengeluaran

Bersama dengan anggaran keseluruhan, menetapkan batas harian akan membantu seseorang membelanjakan sesuai kemampuannya. Gunakan uang tunai atau kartu hadiah yang tersdia di dalam amplop harian, dan jika memiliki sisa, tambahkan ke amplop hari berikutnya.

Memecah anggaran liburan secara keseluruhan dan menetapkan jumlah yang dapat dibelanjakan per hari tidak terlalu membebani dan akan membantu orang mematuhinya dengan lebih baik.

4. Gunakan kartu kredit perjalanan

Sementara uang tunai dan kartu prabayar memiliki fasilitasnya masing-masing, kartu kredit perjalanan juga memiliki manfaat. Menggunakan kartu kredit perjalanan dapat membantu orang mendapatkan hadiah saat sedang berlibur.

Banyak kartu kredit perjalanan dilengkapi dengan fasilitas seperti asuransi perjalanan gratis dan diskon penyewaan mobil. Cari kartu yang paling sesuai untuk kebutuhan liburan, baik itu menghemat tiket pesawat atau mendapatkan poin saat menggunakannya untuk hiburan atau restoran.

Jika akan menggunakan kartu kredit, pastikan selalu melunasi setiap bulan untuk menghindari bunga. Sebagian besar kartu kredit juga memiliki aplikasi perbankan online yang dapat digunakan untuk melacak pengeluaran atau mengunci kartu jika melewati batas, dapat membantu orang tetap dalam anggaran.

5. Masak beberapa makanan

Sebaiknya mencari akomodasi atau hotel dengan dapur kecil jika menginap seminggu atau lebih lama sehingga orang dapat memasak makanan cepat saji di kamar. Lihat apakah hotel tempat menginap menawarkan sarapan gratis, atau bawa sisa makanan dari restoran ke kamar untuk makan keesokan harinya.

Membeli makanan di bandara juga mahal. Bungkus makanan atau camilan sehingga menghindari menghabiskan banyak uang bahkan sebelum memulai liburan.

6. Habiskan uang untuk pengalaman

Membeli suvenir untuk diri sendiri dan orang lain memang menggoda, namun hal ini dapat menambah dan membuang anggaran dengan cepat. Habiskan uang untuk pengalaman, dan ambil banyak foto dan video, ini gratis dan akan bertahan lebih lama.

Berpegang pada anggaran akan memastikan orang bersenang-senang selama liburan dan setelah dia kembali, tidak ada yang bisa menghilangkan mood liburan seperti mengetahui bahwa uang terlalu banyak terkuras.

Mengetahui dengan tepat berapa banyak yang harus dikeluarkan setiap hari dan perencanaan aktivitas mana yang ingin dilakukan sebelumnya akan membuat liburan bebas stres dan menyenangkan yang layak didapatkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini