Jangan Minder IPK Kecil, Simak Tips Berikut agar Lolos Wawancara Kerja

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Kamis 27 Mei 2021 06:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 26 622 2415653 jangan-minder-ipk-kecil-simak-tips-berikut-agar-lolos-wawancara-kerja-us1A3QCunF.png Tips Wawancara Kerja. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Setiap lowongan pekerja menentukan berbagai persyaratan yang harus dimiliki calon pendaftar. Persyaratan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing posisi atau jabatan untuk melihat kemampuan pelamar kerja.

Persyaratan ditetapkan agar pelamar kerja bisa menyesuaikan dengan beban kerja dan ekspektasi rekruter. Ada berbagai macam persyaratan yang biasanya ditentukan, salah satunya adalah minimal Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) ketika kuliah.

Baca Juga: Cara Menjawab saat Negosiasi Gaji di Perusahaan

Pada dasarnya, tidak ada batas yang pasti mengenai nilai IPK yang kecil seperti apa. Ada perusahaan yang menentukan batas IPK 3.00 bagi para calon pekerja, ada juga yang IPK 2.75, dan lain sebagainya. Hal ini memang tergantung beban kerja dan keinginan rekruter.

Ada juga perusahaan yang tidak menetapkan batas IPK. Namun, jika pelamar kerja akan melakukan interview kerja dan merasa IPK-nya kecil, tidak perlu khawatir dan minder.

Baca Juga: 3 Cara Supaya Tidak Lagi Malas Bekerja

Berikut tips interview kerja bagi calon pekerja dengan IPK kecil, dikutip dari Instagram Kementerian Ketenagakerjaan @kemnaker, Selasa (25/5/2021).

1. Pendekatan Problem to Solution (P-to-S)

Penjelasan negatif di awal. kemudian diakhiri dengan hal positif

Contoh:

IPK saya memang 2.5, tapi saya ahli dalam design grafis. Berikut portofolio saya dan ini sertifikat kompetensinya

2. Analisis Penyebabnya

Coba telusuri dan ingat kembali mata kuliah apa yang memiliki nilai yang kurang baik. Setelah itu cari apa penyebab mata kuliah tersebut bernilai kecil, apakah ada faktor dari dosen dan lain-lain. Setelah kamu ketahui, jelaskan ke pewawancara.

3. Teknik Cover-with-lid

Gunakan penjelasan tentang pengalaman kerja sebelumnya. Bisa cerita keberhasilan di tempat kerja lama, sehingga rekruter bisa melihat kemampuan dan kesungguhanmu dalam bekerja walaupun memiliki IPK yang kecil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini