3 Cara Supaya Tidak Lagi Malas Bekerja

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Selasa 25 Mei 2021 05:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 24 622 2414478 3-cara-supaya-tidak-lagi-malas-bekerja-ABzg2MAYY4.jpg Tips Supaya Tidak Malas Kerja. (Foto: Okezone.com/Boldsky)

JAKARTA - Biasanya, seusai menikmati libur panjang dan kemudian masuk kerja terasa kurang semangat alias malas. Pekerja pun butuh adaptasi untuk kembali menimbulkan rasa semangat tersebut.

Cara menghindari rasa malas setiap pekerja berbeda-beda. Hal tersebut tergantung kepada kebiasaan, hobi, dan pengalaman masing-masing. Ada orang yang harus berolahraga di pagi hari, mendengarkan lagu kesukaan, minum kopi, dan lain sebagainya.

Namun, ada beberapa kiat yang mungkin bisa dilakukan semua orang untuk menghempaskan rasa malas ketika bekerja secara ampuh. Cara-cara universal berikut ini bisa menjadi solusi untuk mengubah pandangan mengenai seperti apa seharusnya rasa malas dilawan secara mendasar.

Baca Juga: Cara Menjawab saat Negosiasi Gaji di Perusahaan

Simak beberapa tips menghempaskan rasa malas ketika bekerja, dikutip dari Instagram Kementerian Ketenagakerjaan, Selasa (25/5/2021).

1. Ketahui akar masalah dan cari solusinya

Hal mendasar pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu alasan mendasar atau akar masalah dari rasa malas tersebut. Apakah malas disebabkan karena terlalu banyak tugas? Takut hasilnya tidak memuaskan sehingga menunda waktu yang tepat?

Baca Juga: Tipe Pencari Kerja, Biasa Vs Luar Biasa

Setelah menemukan alasannya, lawan penyebabnya. Pekerja juga bisa meminta bantuan kepada rekan kerja atau orang terdekat lainnya untuk membasmi rasa malas tersebut.

2. Ubah pola pikir

Cobalah untuk membuang pikiran negatif yang membuat malas. Pikiran negatif bisa datang dari mana saja, bisa itu karena terlalu cemas terhadap pekerjaan yang akan datang, atau karena masalah internal lain. Cari bantuan profesional jika hal negatif tersebut sampai mengganggu produktivitas.

Ketika sudah mereda, kerjakan tugas segera, karena semakin dihindari, tugas akan semakin menumpuk dan otomatis akan semakin malas mengerjakannya.

3. Motivasi diri

Berikan hadiah untuk diri sendiri atau self-reward setelah bekerja keras. Rencanakan barang wishlist apa saja yang ingin dibeli, atau jadwalkan bermain dengan teman-teman dan liburan bersama.

Motivasi berupa self-reward tersebut bisa menambah semangat untuk segera menyelesaikan pekerjaan atau tugas. Sehingga nanti bisa terbiasa untuk bersemangat menyelesaikan tugas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini