Penghasilan di Atas Rp5 Miliar Kena Pajak 35%, Kemenkeu: Masih Proses

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 04 Juni 2021 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 04 320 2420286 penghasilan-di-atas-rp5-miliar-kena-pajak-35-kemenkeu-masih-proses-GqdcDGBZvw.jpg Kemenkeu Bahas Pajak Penghasilan di Atas Rp5 Miliar. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan sedang mengkaji penambahan tarif Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi (OP) hingga 35%.

Adapun struktur tarif PPh akan menjadi lima lapisan. Wajib pajak individu yang memiliki pendapatan di atas Rp5 miliar akan dikenakan pajak 35%.

Kepala BKF Febrio Nathan Kacaribu mengatakan, sejauh ini rencana tersebut masih digodok di internal.

Baca Juga: Pengumuman! Beli Voucher Game Mobile Legends Kini Kena Pajak

"Ini kan masih proses pembahasan mungkin itu kenapa kita belum bisa ceritakan detil nanti kalau sudah mulai ada detil yang kita share bisa kita sampaikan," kata Febrio dalam video virtual, Jumat (4/6/2021).

Lanjutnya, pemerintah terus melakukan analisis mendalam dalam melaksanakan kebijakan reformasi perpajakan. Adapun, setiap perubahan kebijakan perpajakan juga mempertimbangkan dampaknya terhadap perekonomian.

Baca Juga: Diskon Pajak Mobil Baru Jadi 50%, Begini Reaksi Gaikindo

Terlebih, reformasi perpajakan di tengah pandemi Covid-19 juga cocok digabungkan dalam konteks konsolidasi fiskal. Pemerintah akan berupaya menaikkan penerimaan pajak sehingga defisit APBN dapat kembali di bawah 3% pada 2023.

"Reformasi perpajakan ini kami tidak bisa melakukan sendiri, tapi kami lakukan dengan best practices seluruh dunia," ujarnya.

Dia menambahkan penerapan pajak pertambahan nilai (PPN) atas perdagangan melalui sistem elektronik (PMSE) yang berlaku saat ini menjadi contoh respons kebijakan perpajakan Indonesia terhadap struktur ekonomi yang bergeser ke arah digital.

"Reformasi perpajakan ini pasti kita lakukan analisi yang emndalam jadi kalau ada perubahan itu arahnya kemana pasti dampaknya ke perekonomian," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini