Sri Mulyani Siapkan Jabatan Data Scientist di Kemenkeu, Tertarik?

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 08 Juni 2021 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 08 320 2422136 sri-mulyani-siapkan-jabatan-data-scientist-di-kemenkeu-tertarik-1qwqfcPLsB.jpg Sri Mulyani (Foto: Instagram/@smindrawati)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani tengah menyiapkan jabatan fungsional ilmuwan data atau data scientist di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Hal ini seiring Sri Mulyani mendapatkan pertanyaan dari salah satu pemenang lomba bedah data APBD mengenai kemungkinan keberadaan jabatan fungsional data scientist di Kementerian Keuangan.

"Mungkin saja, kita sekarang sedang membangun itu. Nama jabatan fungsionalnya nanti kita pikirkan bersama, tapi ini memang area yang sedang kita siapkan," ujar Sri Mulyani dalam video virtual, Selasa (8/6/2021).

Baca Juga: Penerimaan Perpajakan Ditarget Rp1.528 Triliun, Sri Mulyani Bongkar Data Tax Amnesty 

Sri Muluyani akan meminta kepada direksi Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) untuk menambah kurikulum terkait dengan data analitik.

"Di Kementerian Keuangan kita sedang siapkan itu. Jadi nanti saya minta Pak Wamen untuk follow up," katanya.

Namun, Sri Mulyani berpesan jabatan itu hanya diisi oleh eselon 1. Nantinya rencana penambahan kurikulum di STAN ini juga akan diawasi oleh Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara. "Saya benar-benar minta nanti setiap bagian, tidak boleh hanya eselon 1 nanti," katanya.

Sri Mulyani juga meminta kepada direksi Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) untuk menambah kurikulum terkait dengan data analitik. Hal ini diungkapkan setelah pemenang lomba bedah APBD lainnya meminta agar pendidikan dan pelatihan (diklat) terkait data analitik diperbanyak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini