5 Aturan Dana Darurat Bisa Bantu Lewati Masa-Masa Sulit

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Rabu 16 Juni 2021 05:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 15 622 2425533 5-aturan-dana-darurat-bisa-bantu-lewati-masa-masa-sulit-jVV6w7Xmtl.jpeg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Freepix)

JAKARTA - Dana darurat pada intinya adalah kebutuhan ekonomi bagi siapa pun yang mencari stabilitas keuangan. Dana darurat merupakan tabungan untuk menghadapi kesulitan keuangan seperti kehilangan pekerjaan, bencana, atau kecelakaan di kemudian hari.

Selama pandemi Covid-19, dana darurat mendapatkan perhatian lebih dari sebelumnya, terutama karena semakin banyak masyarakat yang beralih ke tabungan untuk membayar kebutuhan pokok selama masa-masa sulit ini.

Semua orang tahu, pada tingkat tertentu, bahwa penting untuk memiliki tabungan untuk digunakan dalam keadaan darurat. Namun banyak juga yang belum mengerti seperti apa tabungan itu, di mana mereka disimpan, dan kegunaannya.

Baca Juga: Awas Keliru! Begini Cara Sisihkan Uang untuk Tabungan dan Dana Darurat

Untuk membantu menjernihkan beberapa kebingungan tersebut, berikut 5 aturan esensial mengenai tabungan dana darurat, dilansir dari Real Simple, Rabu (16/6/2021).

1. Harus ada tujuan menabung untuk dicapai

Mengatakan pada diri sendiri untuk mencoba menghemat uang tidaklah cukup. Buat tujuan tabungan dengan nominal spesifik dan realistis untuk dana darurat, tuliskan, dan usahakan untuk mencapainya. Ketika bisa dicapai, tujuan dapat terus ditambah sesuai kebutuhan.

Sasaran tabungan atau target keuangan ini dapat membuat orang tetap termotivasi dan berada di jalur yang benar.

Baca Juga: Pentingnya Dana Darurat, Bisa Kendalikan Pengeluaran Tak Terduga

2. Pengeluaran selama tiga hingga enam bulan adalah patokan

Selama bertahun-tahun, tujuan dan pedoman paling umum untuk dana darurat adalah untuk menyimpan uang setara pengeluaran untuk tiga hingga enam bulan ke dalam tabungan.

Di sinilah konteks situasi keuangan sangat penting. Kebanyakan orang bisa bertahan hanya dengan tiga hingga enam bulan pengeluaran mereka dalam tabungan, tetapi jika dia merupakan generasi sandwich, wiraswasta, atau memiliki kondisi kesehatan kronis mungkin lebih baik memiliki dana darurat yang lebih besar.

Beberapa penghematan lebih baik daripada tidak sama sekali. Jika tidak bisa menyisihkan pengeluaran selama tiga bulan, bidiklah untuk satu bulan. Sedikit uang yang disimpan lebih baik daripada tidak sama sekali. Dan jika sudah memiliki dana darurat dengan baik, pertimbangkan untuk terus menambahkannya untuk melindungi diri dari pengeluaran tak terduga.

3. Dana darurat harus liquid (mudah dicairkan)

Beberapa orang menginvestasikan tabungan mereka, namun ingatlah bahwa mereka pasti membutuhkan uang untuk segera cair ketika kondisi darurat. Mungkin orang memiliki pengeluaran senilai enam bulan yang dihemat, tetapi tiga bulan diinvestasikan, itu tidak apa-apa, selama dia dapat mengakses sejumlah besar uang tunai saat membutuhkannya.

4. Simpan di rekening tabungan berbunga tinggi

Dana darurat harus liquid, tapi bukan berarti harus merana. Ingatlah bahwa nilai uang itu bisa turun saat inflasi terjadi dan seimbangkan perhatian itu dengan menjaga agar uang tetap dapat diakses.

Suku bunga untuk rekening tabungan telah anjlok selama pandemi virus corona dan mengakibatkan krisis ekonomi. Cari tarif tertinggi dan lakukan riset tentang bank yang menawarkan tarif tertinggi sebelum pandemi.

5. Ingat alasan memiliki dana darurat

Bahkan setelah berhasil membangun dana darurat, melupakan untuk apa dana itu dapat menggagalkan kesuksesan finansial yang diperoleh dengan susah payah. Dalam kasus dana darurat, tujuannya adalah untuk membuat orang tetap bertahan secara finansial selama masa-masa sulit.

Menempatkan uang itu untuk hal lain, seperti liburan atau pernikahan, dapat menempatkan keuangan tidak stabil jika terjadi bencana. Menyisihkan uang di tempat terpisah untuk tujuan keuangan lain adalah hal yang cerdas, tetapi memasukkan dana darurat untuk menutupinya bukanlah hal yang cerdas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini