Pentingnya Dana Darurat, Bisa Kendalikan Pengeluaran Tak Terduga

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Jum'at 05 Maret 2021 05:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 622 2372250 pentingnya-dana-darurat-bisa-kendalikan-pengeluaran-tak-terduga-cErnxSRA8w.jpg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Dana darurat merupakan suatu dana yang dipersiapkan untuk menutupi pengeluaran tak terduga dalam keadaan darurat. Dengan adanya dana ini akan lebih mudah menggunakan uang dalam anggaran seperti yang sudah direncanakan.

Akan menjadi sangat sulit dan menakutkan ketika tidak memiliki dana darurat. Terlebih jika terjadi hal seperti kecelakaan, sakit, terjerat utang, di PHK atau keadaan darurat keuangan lainnya. Namun, hingga saat ini masih sedikit orang yang mengetahui kegunaan dari pemisahan aset dan kegunaan dari dana darurat.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Siapkan Dana Darurat di Tengah Covid-19

Melansir dari The Balance, Jumat (5/3/2021) dapat dikatakan, membuat dana darurat adalah cara lain untuk membuat uang bekerja untuk hal-hal tak terduga dalam kehidupan, Jika keadaan darurat benar-benar muncul, maka dapat menggunakan uang tersebut untuk mengendalikan situasi tersebut.

Baca Juga: Pentingnya Dana Darurat, Investasi Jangka Panjang hingga Biaya Renovasi Rumah

Membangun dana darurat juga membutuhkan waktu. Idealnya, harus menabung setara dengan pendapatan tiga sampai enam bulan. Tetapi setiap sedikit yang disisihkan pastinya akan membantu. Sisihkan pemasukan apa pun yang masuk dalam kategori "pengeluaran tak terduga" dalam anggaran.

Buat tabungan terpisah khusus dana darurat. Hal ini akan memudahkan pemisahan antara anggaran lain dengan dana darurat. Mulailah dengan menyisihkan sedikit, entah itu 5-10% dari gaji setiap bulan. Serta pertimbangkan juga untuk menjual barang-barang yang tidak terpakai di rumah untuk membantu menghasilkan uang.

Bisa juga memasukkan tabungan darurat ke dalam rekening tabungan dengan hasil tinggi. Sebab akan menghasilkan lebih banyak bunga daripada tabungan atau rekening koran biasa. Artinya, uang yang ditabungkan akan menghasilkan uang saat disimpan di rekening bank. Namun, jika bank tidak menawarkan rekening dengan hasil tinggi atau tinggal di daerah pedesaan tanpa bank, cari opsi perbankan online untuk membuka rekening.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini