Startup Unicorn Mau IPO, Ini Syarat dari BEI

Aditya Pratama, Jurnalis · Rabu 16 Juni 2021 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 278 2426021 startup-unicorn-mau-ipo-ini-syarat-dari-bei-aStqzea0t4.jpg IPO (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) terus menggodok alternatif aturan untuk mengakomodir perusahaan rintisan (startup) unicorn untuk melakukan penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) di Papan Utama. Adapun Bursa saat ini sedang dalam memproses revisi Peraturan Bursa I-A.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna menyebut, saat ini Bursa mempersyaratkan antara lain nilai minimum Net Tangible Asset (NTA) sebesar Rp100 miliar sebagai persyaratan pencatatan di Papan Utama.

Baca Juga: 18 Perusahaan Sudah Cobain e-IPO

Dalam rancangan Peraturan Bursa I-A yang sedang dalam proses revisi, Nyoman menuturkan, BEI akan melakukan penyesuaian pengaturan sehingga calon Perusahaan Tercatat, termasuk unicorn, dapat menggunakan lima alternatif persyaratan.

Baca Juga: Kabar Baik, Startup Bisa Cari Pendanaan Baru di Pasar Modal

"Calon perusahaan tercatat dapat menggunakan lima alternatif, yaitu Bet Tangible Asset dan laba usaha, agregat laba sebelum pajak dua tahun terakhir dan nilai kapitalisasi pasar, Pendapatan dan nilai kapitalisasi pasar, total aset dan nilai kapitalisasi pasar, dan operating cashflow kumulatif dua tahun terakhir dan nilai kapitalisasi pasar," ujar Nyoman dalam keterangan tertulis, Selasa (15/6/2021).

Nyoman menambahkan, alternatif-alternatif persyaratan tersebut disesuaikan dengan best practice yang diterapkan di Bursa lain dan harapannya tentu dapat membuka kesempatan yang lebih lebar bagi perusahaan-perusahaan Indonesia untuk dapat tercatat di Bursa Efek Indonesia.

"Dengan tetap mempertahankan kualitas perusahaan yang eligible untuk tercatat di Papan Utama," ucap Nyoman.

Sampai saat ini, BEI mencatatkan sebanyak 21 perusahaan telah melakukan pendaftaran pencatatan saham yang saat ini sedang dievaluasi oleh Bursa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini