Kasus Covid-19 Melonjak, Waspada Pengangguran Meningkat

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Kamis 17 Juni 2021 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 320 2426653 kasus-covid-19-melonjak-waspada-pengangguran-meningkat-qRp41ecqIo.jpg Kasus Covid-19 Meningkat (Foto: Okezone)

JAKARTA – Melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia akan memberikan dampak negatif pada proses pemulihan ekonomi Indonesia. Hal yang dikhawatirkan adalah tingkat pengangguran kembali meningkat lantaran banyak perusahaan dan industri manufaktur kena imbas.

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan, target pertumbuhan ekonomi 7%-8% juga akan sulit tercapai jika kasus Covid-19 terus melonjak. Menurutnya, bulan Juni atau pasca Lebaran menjadi momen krusial pertambahan kasus baru Covid-19.

Baca Juga: Larang Mudik Selesai, PHRI Akui Okupansi Hotel di Bali Meningkat 

Oleh sebab itu, sektor ketenagakerjaan akan menjadi berat untuk menurunkan angka pengangguran. Bhima menyebut, saat ini angka pengangguran 6,26% lebih tinggi dari pengangguran terbuka sebelum masuknya Covid-19, yakni 4.99%.

“Jutaan angkatan kerja baru bisa tidak terserap di pasar tenaga kerja karena industri manufaktur, perdagangan yang menyumbang lapangan kerja terbesar terdampak naiknya kasus harian covid-19,” jelasnya kepada MNC Portal Indonesia, Kamis (17/6/2021).

Terkait hal ini, Bhima menyampaikan, untuk mengembalikkan ke level pertumbuhan ekonomi 5%, salah satunya dengan menurunkan penularan Covid-19. Sehingga dengan demikian, ekonomi Indonesia tidak semakin memprihatinkan.

“Yang membuat ekonomi Indonesia anjlok salah satunya karena pandemi, maka solusi untuk kembalikan ke level pertumbuhan ekonomi ya dengan lakukan penurunan penularan Covid-19 itu,” ungkapnya.

Lanjutnya, masa Idul Fitri menjadi pembantu dalam menaikkan demand, yang otomatis menaikkan pemasukan bagi sejumlah pihak. Hal ini lantaran Tunjangan Hari Raya (THR) dibayar penuh oleh perusahaan. Namun, itu bersinggungan dengan naiknya kasus Covid-19 yang terjadi pasca-Lebaran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini