Share

Wih! Lukisan Mona Lisa KW Terjual Rp48 Miliar

Hafid Fuad, Sindonews · Minggu 20 Juni 2021 07:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 20 320 2427945 wih-lukisan-mona-lisa-kw-terjual-rp48-miliar-ubHWsjWAeJ.jpg Lukisan Mona Lisa (Foto: AFP/Forbes)

JAKARTA - Sebuah replika atau barang palsu (Kwalitas/KW) lukisan Mona Lisa yang begitu mirip dengan karya asli Leonardo da Vinci sukses terjual pada Jumat lalu seharga USD3,4 juta atau Rp48,6 miliar (kurs Rp14.300 per USD) dalam sebuah proses lelang. Kenaikannya lebih dari 10 kali lipat dari harga pasarannya.

Lukisan KW tersebut bernama Hekking Mona Lisa berhasil terjual di rumah lelang Christie di Paris.

Baca Juga: Astaga! Netizen Minta Jeff Bezos Beli Lukisan Mona Lisa dan Memakannya 

Pemenang lelang online tersebut adalah seorang kolektor asal Eropa. Dia setuju untuk membayar USD3,4 Juta, yang berarti ini 10 bahkan 15 kali lebih tinggi daripada taksiran rumah lelang.

"Bahkan di atas harga yang pernah dibayarkan untuk sebuah replika Mona Lisa," kata Christie dilansir dari Forbes, Minggu (20/6/2021).

Harga jual tersebut menunjukkan bahwa, "Lukisan Mona Lisa masih tetap diminati berabad-abad setelah pembuatannya," kata Pierre Etienne, seorang ahli lukisan klasik di Christie.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Lukisan itu mengambil nama Raymond Hekking. Dia adalah seorang pedagang barang antik di Perancis yang membeli lukisan tersebut dari toko barang antik pada tahun 1953 seharga 3 poundsterling pada tahun 20-an, menurut Christie.

Hekking percaya bahwa lukisannya asli, dan lukisan palsunya dikembalikan ke Louvre setelah lukisan aslinya dicuri tahun 1914. Sementara beberapa sejarawan seni serius menanggapi argumen Hekking pada saat itu.

Para ahli sekarang percaya lukisan tersebut dilukis oleh seniman Italia yang tidak terkenal pada tahun 1600-an, sekitar satu abad setelah da Vinci melukis Mona Lisa yang sebenarnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini