Astaga! Netizen Minta Jeff Bezos Beli Lukisan Mona Lisa dan Memakannya

Hafid Fuad, Jurnalis · Kamis 17 Juni 2021 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 455 2426693 astaga-netizen-minta-jeff-bezos-beli-lukisan-mona-lisa-dan-memakannya-SJSx1Teg1H.jpg Jeff Bezos (Foto: Reuters)

JAKARTA - Dalam hitungan hari setelah Jeff Bezos mengumumkan rencananya jalan-jalan ke luar angkasa, langsung muncul sebuah petisi di platform change.org. Dalam petisi tersebut netizen meminta salah satu orang terkaya dunia tersebut untuk membeli dan menyantap lukisan bersejarah, Mona Lisa.

Memakan lukisan tersebut dianggap sesuatu yang akan mengubah arah budaya dan peradaban selamanya.

Baca Juga: Jeff Bezos Meluncur ke Luar Angkasa dengan Roket Miliknya pada 20 Juli

Petisi tersebut sudah ditandatangani lebih dari 5.000 orang. Di dalamnya tidak banyak penjelasan khusus, namun hanya bertuliskan, "Tidak seorang pun yang memakan Mona Lisa dan kami merasa Jeff Bezos perlu mengambil sikap dan melakukannya," seperti dilansir dari Forbes (17/6/2021).

Salah seorang pengguna platform Change.Org bernama Kane Powell, membuat petisi ini sekitar satu tahun yang lalu. Tapi petisi tersebut mulai mendapatkan perhatian dalam beberapa hari terakhir.

Baca Juga: Jadi Orang Terkaya di Dunia, Kekayaan Jeff Bezos Rp2.767 Triliun Kalahkan APBN RI

Meskipun belum ada kejelasan motivasi kenapa Bezos harus membeli dan kemudian mengkonsumsi lukisan Leonardo da Vinci, tapi dapat dipastikan dia mampu melakukannya. Di tahun lalu, seorang pengusaha Perancis memperkirakan lukisan itu bernilai 50 Miliar Euro atau sekitar USD60 Miliar.

Tapi salah satu sumber industri seni lainnya mengatakan nilai itu terlalu tinggi. Namun bagaimanapun, Mona Lisa jelas berada dalam jangkauan kekayaan pendiri Amazon tersebut. Karena kekayaannya sendiri mencapai nilai USD194,5 Miliar, berdasarkan estimasi Forbes.

Di kolom komentar salah satu netizen menuliskan, "Saya merasa Jeff adalah manusia yang akan membantu kemanusiaan bila melakukan ini. Yang lain juga ikut menuliskan di bagian komentar untuk menyuarakan dukungan mereka. Mereka menulis, "ini adalah sebuah petisi terpenting di era modern. Jeff, makanlah si Mona itu," tulisnya.

Tapi ada satu penghalangnya: hampir dapat dipastikan, lukisan itu tidak akan dijual di harga berapa pun. Karena lukisan tersebut dimiliki oleh pemerintah Perancis. Lukisan Mona Lisa adalah karya seni yang paling terkenal di dunia dan jadi permata mahkota untuk Museum Louvre, Perancis, sebuah museum yang terbesar di dunia.

Perancis kemungkinan besar tidak akan pernah mau berpisah dengan simbol bangsa yang maha penting ini. Menjual lukisan ini dipastikan tidak akan setimpal bagi pemerintahan. Karena kontribusinya dalam menghasilkan pendapatan pajak bisa mencapai lebih dari 1 Triliun Euro setiap tahunnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini