Share

Hary Tanoe: Jaringan 5G Harus Diperluas agar Ekonomi Daerah Bisa Lebih Maju

Advenia Elisabeth, MNC Portal · Kamis 24 Juni 2021 20:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 320 2430507 hary-tanoe-jaringan-5g-harus-diperluas-agar-ekonomi-daerah-bisa-lebih-maju-4zPyxy94Np.jpeg Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (Foto: MNC Media)

JAKARTA - Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menyoroti pentingnya perluasan jaringan 5G di daerah terpencil. Dia menyampaikan sarannya kepada Luhut Binsar Panjaitan agar bisa memperluas jaringan internet pada daerah-daerah terpencil.

Hary Tanoe mengungkapkan, high quality internet di Indonesia harus dimiliki. Sebab, daerah-daerah yang bukan kota besar, kualitas internet masih kurang baik. Terlebih dalam kondisi Indonesia saat ini segala sesuatunya membutuhkan internet guna kebutuhan e-learning, e-health dan penyuluhan bagi masyarakat pedesaan.

Baca Juga: Menkominfo: Melalui 5G, Adopsi dan Inovasi Teknologi Digital Terus Kita Tingkatkan

“Padahal semuanya harus masuk ke e-learning, e-health dan masih banyak lagi. Mungkin bisa dipercepat untuk memperluas jaringan 5G khususnya untuk daerah-daerah kecil supaya ekonomi di daerah bisa lebih maju,” ungkapnya dalam acara MNC Forum LVII secara virtual, Kamis (24/6/2021).

Dia menyebut, UMKM daerah-daerah terpencil mengalami kendala dalam memperdagangkan produk jualannya. Sebab mereka kesulitan dalam mengupload foto barang dagangannya ke dalam e-commerce karena terkendala dalam layanan jaringan internet.

Baca Juga: Deretan Hoaks Terkait Jaringan 5G, Salah Satunya Penyebar Virus Corona

“Selain itu masalah harga juga masih terbilang mahal,”tambahnya.

Dia juga menyarankan untuk dibangun one single network saja sebab sampai saat ini operator sudah terlalu banyak sehingga tidak memberi hasil yang maksimal.

“Saya pernah berpikir kenapa tidak one single network. Ini masukan saja, karena operatornya sudah kebanyakan. Sehingga semua numpuk di daerah yang sama. Baiknya digotong ramai-ramai secara nasional sehingga masyarakat terpencil dapat menikmati jaringan internet,”ujarnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintah tengah menggodok jaringan internet supaya memiliki jaringan kualitas bagus sampai daerah terpencil. 

“Teknologi ini kan sekarang sangat cepat. 5G memang menjadi acuan kita. Kita akan fokuskan dengan teknologi terbaru. Misalnya dengan starlink,”jelas Luhut.

Dia menerangkan, pemerintah sedang berupaya penggunaan starlink pada Indonesia Timur, lantaran stralink mencakup low orbit dan harga yang terbilang murah. Hal itu diyakini dapat membantu Indonesia dalam kemiskinan.



1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini