Ini Syarat Naik Pesawat Rute Bali, Kendari hingga Kupang

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Jum'at 02 Juli 2021 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 02 320 2434407 ini-syarat-naik-pesawat-rute-bali-kendari-hingga-kupang-9uFpH5jl4T.jpg Syarat Perjalanan Orang di PPKM Darurat. (Foto: Okezone.com/Angkasa Pura I)

JAKARTA - Syarat perjalanan orang dengan pesawat diperketat. Aturan tersebut berlaku pada 3-20 Juli 2021 atau selama PPKM Darurat.

Untuk bandar udara (bandara) Bali, sesuai Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 08 Tahun 2021, syarat pelaku perjalanan udara menuju Pulau Bali pada masa pandemi Covid-19 berupa surat keterangan negatif RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkatan. Bahkan, wajib dilengkapi dengan barcode atau QR Code.

Baca Juga: PPKM Darurat Jawa-Bali, Kartu Vaksin Jadi Syarat Naik Pesawat hingga Kereta

Sementara itu, untuk menuju dan dari Kalimantan Tengah, berdasarkan Surat Edaran Gubernur Kalimantan Tengah nomor 443.1/107/Satgas Covid-19, pelaku perjalanan udara wajib menunjukkan surat keterangan negatif RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan yang dilengkapi dengan barcode atau QR Code.

"Untuk tujuan Kalimantan Barat, sesuai Surat Edaran Gubernur Kalimantan Barat Nomor 75 Tahun 2021, pelaku perjalanan udara wajib menunjukkan surat keterangan negatif RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan," ujar Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi, Jumat (2/7/2021).

Baca Juga: PPKM Darurat Jawa-Bali, Kartu Vaksin Jadi Syarat Naik Pesawat hingga Kereta

Sementara, menuju dan dari Sulawesi Tengah, sesuai Surat Edaran Gubernur Sulawesi Tengah nomor 443/545/Din.Kes, pelaku perjalanan udara wajib menunjukkan surat keterangan negatif RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkatan atau hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Untuk tujuan Kupang, sesuai Surat Edaran Walikota Kupang nomor 030/HK.443.1/VI/2021, pelaku perjalanan udara wajib menunjukkan surat keterangan negatif RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan atau hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan atau hasil negatif tes GeNose C-19 yang sampelnya diambil pada hari H keberangkatan.

Sedangkan tujuan daerah lainnya, berdasarkan Surat Edaran Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Nomor 12 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri dalam Masa Pandemi Covid-19, setiap penumpang pesawat harus menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan

Atau hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkatan atau hasil negatif tes GeNose C-19 yang sampelnya diambil pada hari H keberangkatan.

Selain syarat tersebut, pemerintah juga menetapkan pelaku perjalanan domestik yang menggunakan moda transportasi jarak jauh seperti pesawat, bus dan kereta api, harus menunjukkan kartu vaksin minimal vaksin dosis I.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini