Share

PPKM Darurat, Warung dan Restoran Boleh Buka tapi Tidak Makan di Tempat

Avirista Midaada, Jurnalis · Jum'at 02 Juli 2021 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 02 320 2434525 ppkm-darurat-warung-dan-restoran-boleh-buka-tapi-tidak-makan-di-tempat-r10wdL0AYX.jpg Syarat Beroperasinya Restoran Selama PPKM Darurat. (Foto: Okezone.com/Avirista)

KOTA MALANG - Warung dan tempat makan diizinkan beroperasi dan buka selama penerapan PPKM Darurat pada 3 Juli sampai 20 Juli 2021. Hanya saja pengelola tempat makan harus mengikuti ketentuan di Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 15 tahun 2021 poin ketiga huruf d.

Wali Kota Malang Sutiaji menuturkan, meski pusat perbelanjaan tutup, namun tempat makan di mal dan toko bahan pangan tetap diperbolehkan buka.

Baca Juga: Pengusaha Mal Minta Sederet Insentif, dari Bebas Pajak hingga Stimulus Listrik

"Ini kan enggak boleh makan di tempat, tapi take away, penetapan mal itu ditutup, jam malam nanti. Mau nggak mau itu, tapi seluruh aktivitas itu berhenti sampai pukul 20.00 WIB, karena yang PKL (Pedagang Kaki Lima) itu sudah harus tutup jam 8 malam, supermarket sampai jam 8 malam," ucap Sutiaji pada Jumat (2/7/2021).

Baca Juga: Mal dan Restoran Langgar Aturan PPKM Darurat Terancam Dicabut Izin Usahanya

Menurutnya, langkah tidak diperbolehkannya tempat makan hingga warung melayani makan di tempat karena adanya varian virus corona baru asal India, yang lebih cepat menular.

"Karena ditenggarai penyebaran itu banyak ketika kita buka masker. Maka ketika makan di sana kita tidak tahu. Mereka ini orang yang terpapar Covid-19 atau tidak," tuturnya.

Sementara itu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengungkapkan, bila pusat perbelanjaan dan tempat wisata yang ada di Kota Batu, harus tutup saat pelaksanaan PPKM darurat.

"Jadi seperti tanggal 3, mulai mal tutup, tempat wisata tutup. Itu harus kita lakukan. Tanpa ada diskusi ataupun yang lainnya," tegasnya.

Terpisah Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto menyatakan, aturan pemberlakuan PPKM darurat ini berlaku kepada seluruh elemen masyarakat di Kota Malang. Maka pihaknya sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) meminta masyarakat patuh, tanpa diberlakukan penegakan kedisiplinan.

"Semua tempat akan tetap diberikan kesempatan untuk buka tetapi tidak boleh makan di tempat. Harus take away, karena gini PPKM tadi kan disampaikan. batu Malang kabupaten dan kota ini harus sama. Jadi masalah penutupan ini nanti kita lihat sistem yang diatur oleh Provinsi Jatim," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini