Selain BLT, 1.300 UMKM Dapat Bantuan! Ini Syarat dan Prosedurnya

Michelle Natalia, Jurnalis · Selasa 06 Juli 2021 18:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 06 320 2436499 selain-blt-1-300-umkm-dapat-bantuan-ini-syarat-dan-prosedurnya-kxNrBdJCRA.jpg UMKM (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah terus memberikan bantuan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Adapun bantuan UMKM ditujukan untuk 1.300 wirausaha. Bantuan yang disalurkan melalui Kementerian Koperasi dan UKM ini sama seperti BLT UMKM yang saat ini tengah berjalan.

“Kabar baik untuk SobatKUKM! Bantuan pemerintah dalam bentuk bantuan dana untuk 1.300 wirausaha akan segara digulirkan. Agar bisa tepat dan efisien, pemerintah menentukan skala prioritas, jenis wirausaha apa saja yang boleh menerima bantuan,” tulis akun Instagram Kemenkop UKM, Sabtu (5/6/2021).

Dikutip dari akun Instagram resmi Kemenkop UKM @kemenkopukm, bantuan dana usaha yang digulirkan pemerintah tersebut memiliki prioritas penerima. Adapun yang menjadi prioritas, yaitu penerima yang berada di daerah afirmatif, yakni seperti daerah yang terdampak bencana, tertinggal, dan ada di perbatasan.

Baca Juga: BLT UMKM Rp1,2 Juta Cair, Cek Penerima di Sini

Kedua, adalah wirausaha yang masuk ke dalam kelompok penyandang disabilitas. Terakhir, yakni wirausaha yang memenuhi amanat Inpres, seperti percepatan pembangunan Papua dan Papua Barat, Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP), serta sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Baca Juga: 3 Fakta BLT UMKM Rp1,2 Juta Cair untuk 3 Juta Pelaku Usaha

Sementara itu, bagi wirausaha yang tertarik untuk mendapatkan bantuan ini, berikut prosedur yang harus dilakukan:

1. Pengajuan proposal berkoordinasi ke Dinas terkait Koperasi dan UKM Kabupaten/Kota.

2. Verifikasi terhadap calon penerima bantuan wirausaha, serta kelengkapan administrasi dilakukan Dinas terkait Koperasi dan UKM Kabupaten/Kota.

3. Proposal direkomendasikan oleh Dinas Koperasi dan UKM

Untuk informasi lengkap mengenai petunjuk pelaksanaan program bantuan dana bagi wirausaha, dapat diakses melalui laman www.kemenkopukm.go.id.

Hingga sebelum lebaran kemarin, KemenkopUKM sudah menyalurkan BPUM sebanyak 9,8 juta penerima yang merupakan kombinasi penerima lama dan penerima baru.

Penyaluran tersebut merupakan penyaluran tahap pertama dari dua tahap yang direncanakan. Sedangkan, untuk tahap kedua masih sedang dalam persiapan. Masing-masing penerima mendapatkan Rp1,2 juta. Sehingga total dana yang sudah disalurkan sebesar Rp11,76 triliun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini